kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Secara Rutin


Senin, 29 Mei 2023 / 08:45 WIB
7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Secara Rutin


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya itu, manfaat ikan salmon untuk kesehatan juga telah terbukti klinis.

Perlu Anda ketahui, ikan salmon juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Serta ikan salmon juga termasuk makanan yang rendah kalori, sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu makanan saat diet menurunkan berat badan. 

Salah satu makanan yang cukup populer hasil dari olahan ikan salmon, salah satunya adalah sushi. Selain itu sushi, masih banyak makanan olahan ikan salmon lainnya seperti steak, oseng dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Penasaran apa saja manfaat ikan salmon untuk kesehatan?

Melansir dari Healthline, berikut beberapa rangkuman manfaat ikan salmon yang menarik untuk diketahui:

1. Mengandung Banyak Asam Lemak Omega-3

Ikan salmon termasuk salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3. Dilansir Healthline, Porsi ikan salmon 3,5 ons (100 gram) memiliki sekitar 2,3 gram asam lemak omega-3.

Tidak seperti kebanyakan lemak lainnya, lemak omega-3 dianggap "penting", oleh sebab itu Anda harus mendapatkannya dari makanan khususnya ikan salmon karena bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga: 5 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat ikan salmon selanjutnya yaitu dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal tersebut sebagian besar disebabkan oleh manfaat ikan salmon untuk meningkatkan kadar asam lemak omega-3 dalam darah. 

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ikan salmon secara teratur dapat dikaitkan dengan kadar trigliserida yang lebih rendah.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengetahui manfaat ikan salmon. Pasalnya, ikan salmon termasuk salah satu makanan yang dapat membantu memanajemen berat badan. 

Pasalnya, ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung banyak protein. Sehingga mengkonsumsi ikan salmon secara teratur dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan, Punya Banyak Khasiat Loh!

4. Mencegah Peradangan

Ikan salmon juga mempunyai manfaat yang dapat memberikan perlindungan dengan membantu mencegah peradangan kronis.

Dilansir dari Healthline, Beberapa penelitian telah menemukan bahwa makan lebih banyak ikan salmon dan jenis makanan laut lainnya dapat membantu mengurangi beberapa penanda peradangan.

5. Melindungi Kesehatan Otak

Mengkonsumsi ikan salmon juga baik untuk kesehatan otak loh. Cukup banyak penelitian menunjukkan bahwa memasukkan ikan salmon ke dalam menu makanan Anda dapat meningkatkan fungsi otak.

Ikan berlemak dan minyak ikan telah ditemukan dalam ikan salmon dapat membantu melindungi kesehatan otak janin selama kehamilan, memperlambat penurunan kognitif, dan menjaga fungsi otak.

Baca Juga: 7 Manfaat Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rajin Dikonsumsi

6. Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain mampu melindungi kesehatan otak, tahukah Anda bahwa ikan salmon juga dapat membantu
meningkatkan kesehatan mental?

Healthline menyebutkan terdapat beberapa penelitian bahwa mengkonsumsi ikan salmon 1 porsi ikan per minggu atau 500 mg asam lemak omega-3 per hari dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah, terutama pada wanita.

Baca Juga: Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh, Ada 4 Hal yang Penting Diketahui

7. Menjaga Kesehatan Mata 

Manfaat ikan salmon selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan mata Anda. Hal tersebut dikarenakan ikan salmon mengandung nutrisi yang baik untuk meningkatkan penglihatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×