kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

13 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan


Sabtu, 25 Maret 2023 / 09:50 WIB
13 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh telah menjadi topik yang diteliti dan dibahas oleh sejumlah ahli. Puasa atau menahan makan, minum, serta hawa nafsu jamak dikerjakan sebagai tuntutan agama maupun budaya tertentu.

Salah satu puasa yang paling umum adalah puasa Ramadan. Saat ini, umat Islam di Indonesia menantikan jadwal puasa Ramadhan 2023. 

Sampai saat ini Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) belum menetapkan kapan awal puasa atau 1 Ramadhan 1444 Hijriah dalam kalender Masehi. 

Baca Juga: 46 Twibbon Ramadhan 2023 Gratis yang Bisa Dibagikan di Medsos

Sidang isbat awal Ramadan 2023 baru akan digelar pada Rabu, 22 Maret 2023. Sidang isbat awal Ramadhan 1444 Hijriah ini akan digelar di gedung Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di Jakarta Pusat.

Perlu diketahui ternyata puasa bagi kesehatan. Salah satu manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan mulai dari peningkatan penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik. 

Lantas, apa saja manfaat puasa bagi kesehatan? 

Baca Juga: 43 Ucapan Menyambut Ramadhan 2023 Penuh Doa yang Bisa Dibagikan di Medsos

13 Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh 

Manfaat puasa bagi kesehatan juga dapat membantu proses regenerasi sel dalam tubuh.

Dirangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Healthline, dan Fakultas Keperawatan Unair, berikut 13 manfaat puasa untuk kesehatan tubuh:  

1. Detoksifikasi tubuh 

Manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan adalah sebagai detoksifikasi tubuh. Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa, sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal. 

Baca Juga: 4 Produk Basic Skincare yang Perlu Dipakai Saat Bulan Puasa, Apa Saja?

2. Membantu regenerasi sel   

Manfaat puasa bagi kesehatan juga dapat membantu proses regenerasi sel dalam tubuh. Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik.  

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh  

Selanjutnya, manfaat puasa bagi kesehatan yakni dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat.  

Baca Juga: Apa itu Fenomena Ekuinoks Maret? Berikut Penjelasan dan yang Terjadi di Indonesia

4. Mengontrol gula darah 

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi penderita diabetes. Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat seseorang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin.  

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga tubuh dapat mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien. 

Tak hanya itu, manfaat puasa bagi kesehatan juga dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil lantaran mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Menu Sahur untuk Anak Kos yang Simple, Murah, dan Tetap Bergizi

5. Mengurangi peradangan 

Peradangan sebenarnya dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi jika terjadi dalam kondisi normal. Namun, beberapa peradangan kronis dapat menimbulkan penyakit tertentu seperti multiple sclerosis.  

Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat puasa dapat membantu menurunkan tingkat peradangan dan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.  

Baca Juga: Menyambut Ramadhan, Berikut Menu Makan Sahur & Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

6. Dapat meningkatkan kesehatan jantung  

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, diperkirakan mencapai 31,5% kematian secara global. 

Mengubah pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat puasa bisa meningkatkan kesehatan jantung. 

Sebab, puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Baca Juga: Besok (22/3) Sidang Isbat 1 Ramadhan, Ini Contoh Twibbon & Ucapan Menyambut Ramadhan

manfaat puasa adalah dapat membantu dalam pengobatan dan pencegahan kanker.

7. Meningkatkan fungsi otak 

Studi pada hewan menunjukkan bahwa manfaat puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan produksi sel saraf untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif. 

Secara khusus, penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi dari penyakit Alzheimer dan Parkinson.  Selain itu, manfaat puasa juga dapat membantu mencegah gangguan neurodegeneratif. 

Baca Juga: BNI Sebut Transaksi Kartu Kredit Saat Ramadan Bisa Naik 15% Dibandingkan Bulan Biasa

8. Membantu menurunkan berat badan 

Beberapa studi juga menemukan bahwa manfaat puasa dalam jangka waktu tertentu dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat membantu menurunkan berat badan. 

Selain itu, manfaat puasa selama 3-12 minggu sama efektifnya dalam mendorong penurunan berat badan dan massa lemak masing-masing hingga 8% dan 16%.

Baca Juga: Katalog Promo Superindo Terbaru 21 Maret 2023, Diskon Besar di Awal Pekan Ini

9. Meningkatkan hormon pertumbuhan 

Hormon pertumbuhan atau human growth hormone (HGH) adalah sejenis protein yang memiliki peran penting bagi banyak aspek kesehatan. Hormon ini menunjang pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot.

Beberapa studi telah menemukan bahwa manfaat puasa secara alami dapat meningkatkan kadar HGH. Selain itu, puasa dapat membantu mempertahankan kadar gula darah dan insulin secara stabil sehingga dapat mengoptimalkan kadar HGH.  

Baca Juga: Khawatir Produksi ASI Berkurang Saat Puasa? Konsumsi 6 Buah Pelancar ASI Ini

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh juga akan memberikan beberapa rangsangan, termasuk ke seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh.

10. Membantu mencegah kanker  

Selanjutnya, manfaat puasa adalah dapat membantu dalam pengobatan dan pencegahan kanker. Salah satu studi pada hewan menunjukkan bahwa manfaat puasa dapat membantu memblokir pembentukan tumor dan meningkatkan efektivitas obat kemoterapi pada pengobatan kanker.  

11. Membantu memperbaiki kondisi medis

Selanjutnya, manfaat puasa bagi kesehatan yang diiringi dengan pola makan yang sehat dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

Baca Juga: Promo Geprek Bensu Edisi Bulan Puasa 2023, Paket Ramadhan Meriah Serba Rp 33.000

12. Meningkatkan fungsi organ tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh juga akan memberikan beberapa rangsangan, termasuk ke seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan memulihkan dan meningkatkan fungsi organ sesuai dengan fungsi fisiologisnya.

13. Memperbaiki suasana hati

Setelah beberapa hari berpuasa, proses detoksifikasi fisik dan mental di dalam tubuh dapat berjalan secara alami. Detoksifikasi fisik bisa terjadi karena racun yang tersimpan dalam lemak tubuh dapat terurai. 

Baca Juga: Promo KFC Attack 20 Maret 2023, Promo Harga Hemat Mulai Hari Senin Jam 3 Sore

Selain itu, manfaat puasa bagi kesehatan juga dapat meningkatkan hormon endorfin. Saat tubuh memiliki lebih banyak hormon endorfin, maka Anda bisa merasa lebih baik atau lebih bahagia.

Nah, itulah 13 manfaat puasa bagi kesehatan yang perlu diketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×