kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

12 Manfaat Berenang bagi Tubuh yang Tak Bisa Diremehkan


Rabu, 01 Maret 2023 / 14:26 WIB
12 Manfaat Berenang bagi Tubuh yang Tak Bisa Diremehkan
ILUSTRASI. Manfaat berenang sangat baik untuk mengurangi risiko kematian karena beberapa penyakit.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Renang adalah olahraga rekreasi dan dilakukan di air atau akuatik. Ternyata ada banyak sekali manfaat berenang yang sudah dibuktikan dengan banyak penelitian. 

Olahraga ini juga tak mengenal usia, bisa dilakukan semua orang, baik tua dan muda. Renang juga merupakan olahraga yang populer di dunia. 

Di beberapa negara, bahkan renang dijadikan kompetisi nasional hingga internasional. Selain itu, manfaat berenang bagi tubuh sangat banyak. 

Hal ini karena berenang menekankan pada latihan otot, sendi, hingga pengaturan pernapasan. Lantas, apa saja manfaat berenang untuk kesehatan? 

Baca Juga: 5 Pantai Terbaik di Gunungkidul untuk Liburan Bersama Pasangan

Apa manfaat berenang untuk kesehatan?

Manfaat berenang adalah cara yang efisien untuk membakar kalori.

Para ahli merekomendasikan orang dewasa untuk melakukan aktivitas sedang selama 150 menit atau aktivitas berat selama 75 menit setiap minggu. 

Berenang adalah cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular. Satu jam berenang membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berlari, tanpa berdampak pada tulang dan persendian.

Nah, berikut ini 12 manfaat berenang sebagaimana dilansir dari laman Healthline:

Baca Juga: Moms, Ini 5 Latihan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

1. Melatih seluruh bagian tubuh

Salah satu manfaat berenang adalah benar-benar melatih seluruh tubuh, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Renang bisa meningkatkan detak jantung tanpa membuat tubuh stres.

Kemudian manfaat berenang juga bisa membangun kekuatan serta membangun daya tahan tubuh. Beberapa gaya berenang yang populer adalah gaya dada, gaya renang punggung, gaya renang samping, kupu-kupu, dan gaya bebas.

Masing-masing gaya berenang fokus pada kelompok otot yang berbeda. Tidak peduli gaya renang apa yang digunakan, Anda menggunakan sebagian besar otot untuk menggerakkan tubuh di dalam air.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Olahraga Kardio yang Cocok untuk Membakar Lemak Tubuh

2. Olahraga kardio

Saat otot mendapatkan latihan yang baik, sistem kardiovaskular juga demikian. Berenang membuat jantung dan paru-paru menjadi kuat. 

Manfaat berenang sangat baik untuk mengurangi risiko kematian karena beberapa penyakit. Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa manfaat berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah.

Baca Juga: 5 Cara untuk Bikin Asam Urat Rontok, Bisa Sembuh dengan Cepat

3. Cocok untuk penderita cedera, artritis, dan kondisi lainnya

Berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang aman bagi kebanyakan orang dengan radang sendi, cedera, disabilitas, dan masalah kesehatan lainnya.

Berenang bahkan dapat membantu mengurangi sebagian rasa sakit atau meningkatkan pemulihan tubuh dari cedera. 

Satu studi menunjukkan bahwa orang dengan osteoarthritis melaporkan pengurangan nyeri dan kekakuan sendi yang signifikan, dan mengalami lebih sedikit keterbatasan fisik setelah melakukan aktivitas seperti berenang dan bersepeda.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Konsumsi Makanan & Pilih Olahraga Ini

4. Pilihan bagus untuk penderita asma

Lingkungan yang lembap di kolam dalam ruangan membuat berenang menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi penderita asma. 

Tidak hanya itu, latihan pernapasan seperti menahan napas, dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengontrol pernapasan.

Baca Juga: Makanan Penurun Kolesterol, Lakukan Juga Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

5. Bermanfaat juga bagi penderita MS

Orang dengan multiple sclerosis (MS) mungkin juga menganggap berenang bermanfaat. Air membuat anggota tubuh mengapung. Air juga memberikan resistensi yang lembut.

Jadi, program berenang selama 20 minggu menghasilkan pengurangan rasa sakit yang signifikan bagi penderita MS. 

Baca Juga: 5 Daftar Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi jika Datang ke Kota Solo

6. Membakar kalori

Manfaat berenang adalah cara yang efisien untuk membakar kalori. Seseorang dengan berat 160 pon membakar sekitar 423 kalori per jam saat berenang dengan kecepatan rendah atau sedang. 

Orang yang sama dapat membakar hingga 715 kalori per jam berenang dengan kecepatan yang lebih tinggi. Orang seberat 200 pon yang melakukan aktivitas yang sama akan membakar antara 528 dan 892 kalori per jam.  

Baca Juga: Makanan Penurun Kolesterol, Lakukan Juga Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

7. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat berenang membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Di sebuah penelitian pada orang dewasa dengan insomnia, peserta melaporkan peningkatan kualitas hidup dan tidur setelah melakukan renang secara teratur.

Manfaat berenang membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

8. Meningkatkan mood 

Sebuah penelitian menunjukan sekelompok kecil penderita demensia mulai membaik setelah melakukan olahraga renang selama 12 minggu. 

Berenang dan olahraga air tidak hanya bermanfaat secara psikologis bagi penderita demensia. Olahraga telah terbukti meningkatkan suasana hati pada orang lain non-penderita dimensia. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Konsumsi Makanan & Pilih Olahraga Ini

9. Membantu mengelola stres

Para peneliti mensurvei sekelompok perenang sebelum dan sesudah berenang di YMCA di New Taipei City, Taiwan. Dari 101 orang yang disurvei, 44 dilaporkan mengalami depresi ringan dan merasa stres terkait dengan kehidupan yang serba cepat. 

Setelah berenang, jumlah orang yang masih merasa stres berkurang menjadi hanya delapan orang. Para peneliti menyimpulkan bahwa berenang adalah cara yang ampuh untuk menghilangkan stres dengan cepat.

Baca Juga: 10 Obat Darah Tinggi Alami yang Murah dan Mudah Didapat

10. Aman selama kehamilan

Wanita hamil dan bayinya juga dapat memperoleh manfaat luar biasa dari berenang. Dalam sebuah studi pada hewan, induk tikus yang berenang terbukti mengubah perkembangan otak pada keturunannya. 

Bahkan mungkin melindungi bayi dari jenis masalah neurologis yang disebut hipoksia-iskemia, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian lainnya. 

Baca Juga: 5 Cara Turunkan Berat Badan dengan Cepat dalam 1 Minggu, Aman!

11. Bagus untuk tumbuh kembang anak-anak

Manfaat berenang sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Anak-anak membutuhkan minimal 60 menit latihan aerobik setiap hari. 

Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan dan tidak terasa seperti olahraga formal. Anak dapat mengikuti pelajaran renang terstruktur atau menjadi bagian dari tim renang. 

Waktu berenang yang tidak terstruktur adalah pilihan tepat lainnya untuk membuat anak-anak bergerak.

Baca Juga: Saat Isra Miraj , Ini 11 Golongan yang Ditemui Nabi Muhammad SAW

12. Terjangkau

Berenang juga bisa menjadi pilihan olahraga yang terjangkau dibandingkan dengan olahraga lainnya, seperti bersepeda. Banyak kolam menawarkan tarif yang murah untuk berenang. 

Itulah sederet manfaat berenang bagi tubuh. Jadi tak ada salahnya mulai rutin melakukan olahraga akuatik yang menyenangkan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×