kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi, Catat!


Senin, 29 Mei 2023 / 12:05 WIB
10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi, Catat!
ILUSTRASI. Brokoli


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Mengkonsumsi brokoli secara rutin mampu memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat brokoli untuk kesehatan juga telah terbukti oleh berbagai uji klinis.

Biasanya brokoli dimasak dengan cara direbus, dikukus atau bisa juga diolah menjadi masakan lain seperti tumis dan capcay. 

Selain itu, brokoli juga termasuk sayuran termasuk sayuran hijau yang mempunyai kalori rendah. Artinya, brokoli juga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan. 

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Dilansir dari ETimes, berikut beberapa manfaat mengkonsumsi brokoli bagi kesehatan yang perlu diketahui.

1. Mencegah Kanker

Manfaat mengkonsumi brokoli yang pertama adalah mampu mencegah kanker. Brokoli mengandung sifat yang dapat menguras estrogen yang biasanya menyebabkan kanker dalam tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa brokoli sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan rahim.

Baca Juga: 5 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

2. Menurunkan Kolesterol

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang mampu menurunkan kolesterol jahat. Pasalnya, brokoli mengandung serat larut yang dapat menarik kolesterol keluar dalam tubuh Anda.

3. Mengurangi Reaksi Alergi

Mengkonsumsi brokoli secara rutin juga mampu mengurangi reaksi alergi dan peradangan. Penelitian telah menunjukkan kemampuan kaempferol untuk mengurangi dampak zat yang berhubungan dengan alergi pada tubuh kita. Brokoli bahkan memiliki sejumlah besar asam lemak omega 3 yang dikenal sebagai antiinflamasi.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat brokoli selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat tersebut didapat dari kandungan antioksidan yang ampuh serta vitamin C yang berperan penting untuk tubuh. 

5. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K tingkat tinggi, keduanya penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Selain kalsium, brokoli juga kaya nutrisi lain seperti magnesium, zinc dan fosfor. Karena khasiat ini, brokoli sangat cocok untuk anak-anak, orang tua dan ibu menyusui.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Efek Samping Kol Goreng Untuk Kesehatan yang Bisa Dialami

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dilansir dari ETimes, Sifat anti-inflamasi sulforaphane adalah salah satu isothiocyanates (ITCs) dalam brokoli yang dapat mencegah (atau bahkan membalikkan) beberapa kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang dapat disebabkan oleh peradangan akibat kronis.

Selain itu, Brokoli sangat bagus untuk kesehatan jantung karena mengandung serat, asam lemak dan vitamin yang membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh. 

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Brokoli mengandung karbohidrat yang baik dan tinggi serat. Kandungan tersebut membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan mengurangi makan berlebihan. 

Oleh karena itu, brokoli bagus untuk menurunkan berat badan karena kaya akan serat dan cocok dikonsumsi saat diet. 

Baca Juga: 5 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Sehari-hari

8. Bagus untuk Detoksifikasi

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan serat. Artinya, brokoli dapat membantu membuang racun melalui sistem pencernaan.

Selain itu, brokoli juga penuh dengan antioksidan yang membantu detoksifikasi tubuh secara keseluruhan. Brokoli mengandung fitonutrien khusus yang membantu proses detoksifikasi tubuh. 

9. Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat brokoli selanjutnya dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan kulit, bisa dengan memanfaatkan brokoli.

Pasalnya, brokoli adalah sumber antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C dan mineral seperti tembaga dan seng, brokoli membantu menjaga kesehatan kulit. Ini berarti juga melindungi kulit dari infeksi serta menjaga kilau alami kulit Anda serta mencegah tanda-tanda penuaan. 

Baca Juga: 7 Manfaat Lari Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dilakukan, Catat!

10. Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain wortel, brokoli juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan Brokoli mengandung beta-karoten, vitamin A, fosfor dan vitamin lain seperti B kompleks, vitamin C dan E. 

Semua nutrisi ini sangat bagus untuk kesehatan mata karena membantu melindungi mata dari degenerasi makula, katarak dan bahkan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radiasi berbahaya yang kita alami dengan terus-menerus menggunakan ponsel atau berada di depan layar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×