kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan Tubuh


Sabtu, 27 Mei 2023 / 11:00 WIB
Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan Tubuh


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat daging ayam untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan cara masak yang benar. Pasalnya, manfaat daging ayam juga telah teruji klinis.

Selain dikenal mempunyai banyak manfaat, daging ayam juga termasuk salah satu jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi.

Pasalnya, daging ayam mempunyai rasa yang lezat dan mudah untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Yuk Catat 6 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Sehari-hari

Banyaknya manfaat daging ayam untuk kesehatan membuat daging putih ini kerap dikonsumsi oleh orang yang menjalan program diet makan sehat.

Bukan tanpa alasan, daging ayam mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan dan baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi dalam daging ayam di antaranya seperti protein, kalsium, fosfor, natrium, kalium, vitamin B6 dan masih banyak lagi nutrisi lainnya.

Lantas apa saja manfaat daging ayam untuk kesehatan tubuh?

Melansir dari Organic Facts, berikut beberapa manfaat daging ayam untuk kesehatan tubuh:

1. Mengandung Banyak Protein

Salah satu manfaat daging ayam untuk kesehatan tubuh yang cukup disorot yaitu mengandung banyak protein. Hal tersebut membuat daging ayam sangat direkomendasikan dikonsumsi saat diet karena dapat memenuhi kebutuhan harian protein.

Baca Juga: Yuk Catat 8 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

2. Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral

Selain mengandung banyak protein, daging ayam juga kaya akan vitamin dan mineral. Misalnya, vitamin B membantu tubuh memproduksi energi dan juga membantu membentuk sel darah merah yang sehat.

Vitamin D dalam daging ayam membantu dalam penyerapan kalsium dan penguatan tulang. Vitamin A membantu dalam membangun penglihatan dan dianggap memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, Mineral dalam daging ayam bermanfaat seperti zat besi dapat membantu dalam pembentukan hemoglobin, aktivitas otot, dan mencegah anemia.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

3. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat daging ayam untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu mengontrol tekanan darah. Hal tersebut dikarenakan ekstrak kolagen dalam daging ayam mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah laporan oleh Harvard Medical School menunjukkan bahwa memasukkan daging ayam ke dalam makanan Anda, dua porsi per minggu dapat menjadi pilihan yang sehat.

4. Mengurangi Kolesterol

Manfaat daging ayam untuk kesehatan yang tidak kalah hebat yaitu mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Pasalnya,  jumlah lemak jenuh dan kolesterol yang ditemukan pada daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba jauh lebih tinggi daripada kadar yang ditemukan pada daging ayam, ikan, dan sayuran. 

Oleh karena itu, American Heart Association telah menyarankan mengkonsumsi daging ayam atau ikan sebagai pengganti daging merah untuk menurunkan risiko kolesterol dan perkembangan penyakit jantung lainnya.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan, Baik Untuk Jantung

5. Meredakan Pilek

Ada manfaat daging ayam untuk kesehatan tubuh yang sayang jika dilewatkan yaitu mampu meredakan pilek biasa.

Meskipun semangkuk sup daging ayam bukanlah pengobatan yang pasti untuk flu biasa, batuk, atau sakit tenggorokan, ia memiliki reputasi berabad-abad untuk memberikan kelegaan ketika seseorang menderita pilek. Itulah beberapa manfaat daging ayam untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×