kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk Catat 7 Manfaat Gingseng untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis


Jumat, 31 Maret 2023 / 11:08 WIB
Yuk Catat 7 Manfaat Gingseng untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis
ILUSTRASI. Manfaat gingseng untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfaat gingseng untuk kesehatan tubuh yang telah teruji secara klinis. Tak heran, manfaat gingseng untuk kesehatan tubuh sangat menarik perhatian dan sayang jika dilewatkan.

Selain itu, gingseng juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga manfaat gingseng untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam gingseng di antaranya seperti serat, karbohidrat, magnesium, kalsium, vitamin C, vitamin B1 dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Tak berhenti disitu, gingseng juga kerap diolah dan dijadikan bahan ramuan untuk berbagai obat herbal. Lalu apa saja manfaat gingseng untuk kesehatan? 

Melansir dari NDTV Doctor, berikut beberapa manfaat gingseng untuk kesehatan tubuh yang menarik untuk diketahui, di antaranya:

1. Mencegah Penuaan Dini 

Salah satu manfaat gingseng untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya mampu mencegah penuaan dini. Pasalnya, gingseng mengandung fitonutrien yang berperan untuk meningkatkan metabolisme kulit.

Sehingga hal tersebut mampu mencegah kulit keriput dan membuat kulit tampak lebih kencang.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Kailan untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selain itu, gingseng juga mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Alhasil, gingseng mampu mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut sekaligus menjaga kesehatan kulit kepala.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat gingseng untuk kesehatan tubuh selanjutnya juga tidak kalah hebat yaitu mampu mengurangi risiko kanker. Pasalnya, gingseng memiliki sifat anti tumor dan anti kanker yang mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Chinese Medicine Journal menunjukkan bahwa ginsenosides memiliki sifat anti tumor dan anti kanker yang dapat merusak sel kanker prostat dan ovarium. Itu juga dapat memperlambat perkembangan sel kanker dengan menghambat perkembangan siklus sel.

Baca Juga: Ayo Kenali 5 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Saat Puasa

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Tak berhenti disitu, gingseng juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan gingseng mampu mencegah berbagai gejala penyakit jantung seperti menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mengobati Disfungsi Ereksi

Gingseng adalah afrodisiak kuat yang berarti sangat bermanfaat untuk mengobati masalah kesehatan yang berhubungan dengan seks seperti disfungsi ereksi. Khasiat Red Panax pada ginseng ditemukan efektif dalam meningkatkan ereksi, orgasme, dalam sebuah penelitian, itulah sebabnya ramuan ini digunakan dalam pengobatan herbal Cina.

Baca Juga: 7 Manfaat Serai untuk Tubuh yang Sudah Terbukti Klinis

6. Meredakan Kram Menstruasi 

Manfaat ginseng diketahui juga dapat meredakan kram yang berhubungan dengan menstruasi. Hanya dengan mengkonsumsi satu cangkir teh ginseng dapat sangat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kram menstruasi.

7. Mengontrol Berat Badan

Manfaat gingseng untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlawatkan yaitu dapat mengontrol berat badan. Pasalnya, dengan mengkonsumsi ekstrak gingseng mampu mengontrol nafsu makan sehingga dapat menurunkan asupan kalori dan berat badan tetap terjaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×