kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Workout Mengecilkan Perut Buntit, Hindari Kebiasaan Penyebab Lemak Perut Menumpuk


Senin, 29 Mei 2023 / 07:27 WIB
Workout Mengecilkan Perut Buntit, Hindari Kebiasaan Penyebab Lemak Perut Menumpuk
ILUSTRASI. Workout Mengecilkan Perut Buntit, Hindari Kebiasaan Penyebab Lemak Perut Menumpuk


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak daftar olahraga atau workout untuk mengecilkan perut. Sambil berusaha mengecilkan perut, Anda wajib menghindari sejumlah kebiasaan buruk pada malam hari penyebab perut buncit.

Inilah beberapa olahraga atau workout yang bisa mengecilkan perut buncit jika dilakukan dengan rutin. Bahkan olahraga atau workout ini membentuk otot perut jika lebih intens dilakukan.

Memiliki perut buncit dapat membuat tidak nyaman dan kurang percaya diri serta kurang menyehatkan.

Merujuk website resmi Kementerian Kesehatan perut buncit terjadi ketika lingkar perut melebihi batas aman, yakni: pria: 80 cm, dan wanita: 90 cm. Umumnya, perut buncit disebabkan oleh timbunan lemak visceral.

Lalu apa saja olahraga atau workout mengecilkan perut buncit?

Ada banyak jenis olahraga ringan yang mudah dilakukan dan dapat membantu Anda mengecilkan perut buncit.Meskipun ringan, Anda tetap bisa mendapatkan hasil yang maksimal, terutama jika olahraga dilakukan secara rutin dengan penuh kedisiplinan. 

Bersumber dari Women's Health, berikut adalah beberapa Olahraga atau workout mengecilkan perut buncit jika dilakukan dengan rutin, antara lain: 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Inilah Diet Ampuh untuk Golongan Darah O

1. Plank

Olahraga atau workout mengecilkan perut buncit pertama adalah plank

Plank merupakan salah satu latihan untuk mengencangkan otot perut, yang populer dan mudah dilakukan.

Mulailah dengan posisi telungkup, bersangga pada lengan bawah dan jari-jari kaki. 

Lalu, angkat badan dan pinggul membuat garis lurus dari kepala hingga ujung kaki. Setelah itu, tahan posisi ini selama 5 hingga 10 detik dan ulangi 8-10 kali. 

Selama melakukan gerakan ini, fokuslah menjaga posisi tersebut dengan mengencangkan otot perut. 

2. Berlari

Olahraga atau workout mengecilkan perut buncit kedua adalah berlari. 

Meski tidak secara langsung mengecilkan perut, tetapi berlari dapat mengurangi lemak tubuh dan membantu menurunkan berat badan. 

Hal ini tentu akan membantu mengecilkan perut untuk pria maupun wanita yang melakukannya.

Guna memaksimalkan hasilnya, Anda bisa berlari secara rutin minimal 30 menit setiap hari. 

3. Crunch

Olahraga atau workout mengecilkan perut buncit ketiga adalah crunch. Gerakan ini hampir menyerupai sit up.

Anda hanya perlu mengangkat bagian kepala dan bahu saja, tanpa harus mengangkat seluruh tubuh bagian atas.  

Crunch juga diawali dari posisi berbaring, dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai.

Letakkan tangan menyilang di dada, kemudian angkat kepala dan bahu sambil menghembuskan napas, lalu kembali ke posisi berbaring sambil menarik napas. Ulangi setidaknya 10-15 kali. 

4. Berenang

Olahraga atau workout mengecilkan perut buncit keempat adalah berenang. 

Berenang tidak hanya mampu mengecilkan perut, namun juga meningkatkan kekuatan otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan kualitas tidur. 

Anda dianjurkan berenang selama 20-30 menit setidaknya 2-3 kali seminggu. 

5. Senam aerobik

Olahraga atau workout mengecilkan perut buncit kelima adalah senam aerobik. 

Gerakan dalam senam aerobik dipercaya dapat membakar kalori secara bertahap, sehingga mampu mengecilkan perut. 

Tidak hanya itu, jenis senam ini juga baik untuk mengendalikan stres serta meningkatkan kekuatan sendi dan tulang. 

Kebiasaan penyebab perut buncit

Diberitakan Kompas.com, Eat This Not That menyatakan ada beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa menjadi penyebab perut buncit:

1. Minum susu

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit pertama adalah minum susu. Beberapa orang sering minum susu sebelum tidur karena kandungan triptofan, asam amino yang bisa membantu tubuh rileks. Kendati demikian, konsumsi segelas susu di malam hari ternyata bisa menambah kalori ekstra di pinggang Anda.

The Nutrition Twins memperingatkan, kebiasaan minum susu di malam hari secara rutin bisa menambah berat badan sebanyak 12 pon. Penambahan berat badan itu sering kali muncul di area perut.

2. Minum kafein

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit kedua adalah minum kafein. Penelitian Journal of Clinical Sleep Medicine menyimpulkan, konsumsi minuman kafein enam jam sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur dan penambahan berat badan.

Harvard Publishing melaporkan, kekurangan tidur berkaitan dengan peningkatan kadar hormon ghrelin yang meningkatkan rasa lapar. Dikutip dari Daily Mail, salah satu efek samping yang tidak disadari dari minum kopi adalah penambahan berat badan, terutama lemak perut.

Minum kopi bisa meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol dikenal sebagai hormon stres. Di malam hari, kadar kortisol dalam tubuh lebih rendah daripada pagi hari. Namun, jika mengonsumsi minuman berkafein, kortisol bakal meningkat dan memicu rasa stres sehingga berakibat pada kenaikan berat badan.

3. Scrolling media sosial

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit ketiga adalah scrolling media sosial. Bermain media sosial di malam hari ternyata bisa memicu timbunan lemak di perut.

Cahaya yang dipantulkan dari ponsel atau komputer mampu menekan melatonin dan mengganggu ritme sirkadian yang akhirnya merusak jam tidur. Ketika rasa kantuk itu menghilang, otak menginginkan energi yang diperoleh dari konsumsi gula. Akibatnya, Anda akan cenderung mencari makanan manis untuk memenuhi hasrat tersebut.

4. Begadang

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit keempat adalah begadang. Dilansir dari Healthline, orang dewasa membutuhkan tidur selama 6-7 jam dalam sehari. Penelitian jurnal JAMA Internal Medicine menyebut, kurang tidur berkaitan dengan penambahan berat badan.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa begadang bisa meningkatkan konsumsi kalori dan pola makan yang buruk. Menurut Sleep Stasion, kurang tidur selama 10 hari dapat menyebabkan penambahan satu pon berat badan.

5. Makan menjelang tidur

Kebiasaan malam hari penyebab perut buncit kelima adalah makan menjelang tidur. Kebiasaan makan menjelang tidur juga bisa meningkatkan penambahan berat badan, terutama di area perut. Makan menjelang tidur mengakibatkan usus berfokus mencerna makanan.

Di sisi lain, kalori yang dikonsumsi menjelang tidur tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga berakhir pada penimbunan lemak, termasuk di sekitar perut. Idealnya, Anda sebaiknya makan paling lambat 3 jam sebelum tidur.

Itulah beberapa olahraga atau workout untuk membantu mengecilkan perut buncit. Segera hentikan kebiasaan penyebab perut buncit di atas agar tidak mengganggu penampilan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×