HOME

Waspadai beberapa jenis penyakit degeneratif ini

Jumat, 11 September 2020 | 10:12 WIB Sumber: Kompas.com
Waspadai beberapa jenis penyakit degeneratif ini

ILUSTRASI. FILE PHOTO: A surgery nurse is seen beside the heart beat monitor in the operating theatre of the Unfallkrankenhaus Berlin (UKB) hospital in Berlin, Germany February 29, 2008. REUTERS/Fabrizio Bensch /File Photo

KONTAN.CO.ID -  Penyakit degeneratif adalah kondisi kesehatan saat tubuh penderitanya mengalami penurunan fungsi jaringan dan organ. Penyakit degeneratif dapat memburuk seiring berjalannya waktu.

Penyakit ini dapat memengaruhi sistem saraf otak, sumsum tulang belakang, tulang, pembuluh darah, sampai jantung.

Mengutip riset Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pola Kematian pada Penyakit Degeneratif di Indonesia (2010) oleh Adianti Handajani, dkk., penyakit degeneratif termasuk penyakit tak menular.

Penyebab penyakit degeneratif yang utama adalah pola hidup yang tidak sehat. Di antaranya kebiasaan merokok, minum alkohol, pola makan tak sehat, obesitas, kurang bergerak, stres, dan pencemaran lingkungan.

Baca Juga: 3 Penyebab sakit pinggang kronis yang perlu Anda tahu

Selain itu, faktor usia juga bisa menyebabkan masalah kesehatan ini. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit degeneratif merupakan penyebab kematian terbesar di dunia.

Penyakit ini telah menjadi epidemi global, terutama di negara dengan tingkat pendapatan sedang dan kecil. Di Indonesia, tren penyakit degeneratif menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

Berikut beberapa jenis penyakit degeneratif yang umum dan perlu diwaspadai:

1. Penyakit jantung

Melansir Healthfully, penyakit jantung bisa terjadi karena penyumbatan pembuluh darah sampai gangguan detak jantung.

Penyakit jantung yang tidak mendapatkan penanganan medis tepat dapat berkembang menjadi gagal jantung, serangan jantung, dan stroke.

Baca Juga: Waspada klaster perkantoran, taati protokol kesehatan ini bagi karyawan di kantor

2. Osteoporosis

Hilangnya massa tulang penderita osteoporosis terjadi secara berkelanjutan dan dalam jangka panjang.

Osteoporosis adalah penyakit degeneratif yang membuat massa tulang menurun dari waktu ke waktu. Penyebab osteoporosis yang utama karena kurangnya asupan kalsium dan kekurangan hormon estrogen setelah wanita mengalami menopause.

Editor: Noverius Laoli


Terbaru