kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Penyebab sakit pinggang kronis yang perlu Anda tahu


Kamis, 20 Agustus 2020 / 14:12 WIB
3 Penyebab sakit pinggang kronis yang perlu Anda tahu
ILUSTRASI. Penyebab sakit pinggang bermacam-macam. Mulai dari kondisi medis atau gerakan tubuh.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Umumnya, penyebab sakit punggung adalah otot tegang atau keseleo. Sakit pinggang bisa menjadi parah seiring dengan berjalannya waktu. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa sakit pinggang bisa terjadi secara tiba-tiba.

Otot yang meregang secara berlebihan bisa membuat otot robek. Hal itulah yang menjadi penyebab sakit pinggang. Meregangnya otot yang berlebihan bisa dikarenakan aktivitas Anda. Mulai dari mengangkat benda yang terlalu berat, jatuh atau gerakan tiba-tiba lainnya, posisi tubuh yang kurang benar, dan lain-lain.

Baca Juga: Tiga obat alami ini bisa mengobati ambeien

Penyebab sakit pinggang tersebut tidak terlalu serius dan bisa ditangani dengan cukup mudah. Namun, Spine Health (spine-health.com) menyebutkan ada penyebab sakit pinggang kronis lain yang perlu diperhatikan.

Sakit pinggang dikatakan kronis jika berlangsung selama lebih dari 3 bulan. Proses penyembuhan tubuh Anda membutuhkan waktu yang lebih lama. Sakit pinggang kronis biasanya meliputi masalah sendi atau iritasi pada akar saraf. Penyebab sakit pinggang kronis adalah kasgdakjsgdakjs

  • Penyakit Degeneratif Tulang Belakang

Penyakit degeneratif tulang belakang menjadi salah satu penyebab sakit pinggang. Saat lahir, tulang belakang berada di kondisi paling sehat dan penuh akan air. Seiring dengan bertambahnya usia, tulang belakang menjadi kehilangan hidrasi dan terbuka.

Karena ta lagi terhidrasi dengan baik, tulang belakang tidak mampu lagi menahan beban dan memindahkannya ke bagian dinding tulang belakang. Hal tersebut menyebabkan dinding tulang belakang robek sehingga sakit bisa terasa. Herniasi atau Stenosis bisa terjadi karena hal itu.

Baca Juga: 3 Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru dengan cara alami

  • Disfungsi Sendi Sacroiliac

Sendi Sacroiliac menghubungkan sakrum di bawah tulang belakang dengan dua bagian panggul. Sendi ini berperan mengurangi syok dan tegangan antara tubuh bagian atas dan bawah. Sendi sacroiliac yang meradang bisa jadi penyebab sakit pinggang.

  • Spinal Stenosis

Penyebab sakit pinggang lainnya yang disebutkan oleh Spine Health adalah spinal stenosis. Kondisi ini menyebabkan kanal tulang belakang menyempit di mana menjadi lokasi akar saraf. Penyempitan bisa terpusat, menyebar, atau keduanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×