Tips Sehat

Tiga obat alami ini bisa mengobati ambeien

Rabu, 19 Agustus 2020 | 11:26 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Tiga obat alami ini bisa mengobati ambeien

ILUSTRASI. Obat ambeien alami bisa Anda dapat dengan menggunakan aloe vera.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ambeien atau bisa disebut hemoroid adalah pembengkakan pembuluh darah di anus atau rektum. Gejala yang biasanya timbul adalah munculnya rasa sakit, gatal, dan pendarahan pada dubur. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat ambeien alami.

Ambeien bisa terjadi di luar atau di dalam anus dan rektum sehingga disebut hemoroid internal atau eksternal. Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa ambeien merupakan kondisi yang umum terjadi. Anda bisa menggunakan obat ambeien alami untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Baca Juga: 3 Penyebab sakit punggung pada wanita yang umum terjadi

Witch Hazel

Witch Hazel merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari Amerika Utara. Jenis tumbuhan ini sering dipakai sebagai bahan dasar produk skincare. Witch Hazel cocok digunakan sebagai obat ambeien alami karena adanya kandungan antiinflamasi.

Obat ambeien alami ini mampu mengurangi rasa sakit, gatal, dan pembengkakan yang terjadi akibat ambeien. Anda bisa mengaplikasikan Witch Hazel dalam bentuk cairan langsung pada ambeien yang Anda derita.

Aloe Vera

Ambeien dan masalah kulit lainnya bisa diatasi dengan aloe vera dalam bentuk gel karena adanya kandungan antiinflamasi. Iritasi bisa berkurang dengan kandungan tersebut. Healthline menyebutkan bahwa belum ada penelitian yang membuktikan aloe vera sebagai obat ambeien alami.

Namun, National Center for Complimentary and Integrated Health memasukkan aloe vera dalam daftar penggunaan pengobatan. Meski banyak dijual di pasaran, tapi pastikan untuk menggunakan gel aloe vera murni sebagai obat ambeien alami, ya.

Baca Juga: 3 Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru dengan cara alami

Kompres Dingin

Obat ambeien alami juga bisa Anda lakukan dengan memakai kompres dingin. Letakkan kompres dingin pada anus selama 15 menit untuk mengurangi pembengkakan. Healthline menyebutkan bahwa cara ini cukup efektif untuk mengobati ambeien yang besar.

Selain obat amebeien alami di atas, Healthline juga merekomendasikan beberapa cara untuk mencegah ambeien. Mengubah gaya hidup bisa dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut. Konsumsi makanan bergizi dan memiliki serat tinggi, rajin berolahraga, serta hindari duduk terlalu lama.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru