Waspadai 5 pantangan tekanan darah tinggi ini, yuk

Kamis, 29 Juli 2021 | 07:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspadai 5 pantangan tekanan darah tinggi ini, yuk

ILUSTRASI. Minuman beralkohol termasuk salah satu pantangan tekanan darah tinggi. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tekanan darah yang terlalu tinggi perlu Anda kontrol supaya kesehatan tubuh tetap terjaga. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengganti beberapa pantangan tekanan darah tinggi dengan jenis makanan lain yang lebih sehat.

Saat tekanan darah tidak terkontrol, ada banyak risiko penyakit yang dapat Anda alami. Mulai dari stroke, serangan jantung, atau jenis penyakit jantung yang lain. Tentu saja hal itu dapat membahayakan kesehatan.

Selain menghindari beberapa jenis makanan di bawah ini, penting pula untuk Anda memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda tetap terkontrol. Jika memang dibutuhkan, biasanya dokter juga memberikan obat sehingga kondisi tubuh bisa lebih terjaga.

Daging Merah

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), daging merah perlu dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi. Beberapa jenis daging merah yang dimaksud adalah daging sapi, daging domba, daging babi, dan daging kambing.

Baca Juga: 5 Pantangan kolesterol ini sebaiknya tak Anda konsumsi

Alkohol

Pantangan tekanan darah tinggi berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah minuman beralkohol. Menurut American Heart Association, mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Jenis kalor yang terdapat dalam minuman beralkohol juga dapat menambah berat badan. Sebaiknya, laki-laki tidak mengonsumsi lebih dari dua porsi minuman beralkohol per hari. Sedangkan untuk wanita, sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari satu porsi per hari.

Makanan Asin

Makanan asing juga termasuk dalam pantangan tekanan darah tinggi, lo. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melihat kandungan natrium dalam makanan yang mau Anda konsumsi. Beberapa jenis makanan yang biasanya mengandung natrium tinggi adalah pizza, sup kaleng, roti, dan lain-lain.

Baca Juga: Coba 5 makanan untuk tekanan darah rendah ini, yuk

Minuman Manis

Minuman manis termasuk salah satu pantangan tekanan darah tinggi.

Medical News Today mengatakan bahwa minuman manis juga sebaiknya dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi. Apalagi jika minuman manis yang Anda konsumsi juga mengandung kafein. Alih-alih mengonsumsi minuman manis, cobalah untuk minum air putih atau infused water.

Makanan Manis

Selain minuman, sebaiknya Anda juga mewaspadai makanan manis. Misalnya, selai kacang, dessert, atau makanan dalam kemasan. Menurut sebuah penelitian pada 2014, makanan manis lebih berbahaya untuk tekanan darah tinggi daripada makanan asin.

Selanjutnya: Tak hanya jeroan, hindari 6 pantangan kolesterol ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru