Coba 5 makanan untuk tekanan darah rendah ini, yuk

Rabu, 30 Juni 2021 | 09:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Coba 5 makanan untuk tekanan darah rendah ini, yuk

ILUSTRASI. Telur termasuk salah satu makanan untuk tekanan darah rendah karena mengandung banyak vitamin B12.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak berbeda dengan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, tekanan darah rendah atau hipotensi juga berbahay untuk kesehatan tubuh. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah.

Tekanan darah rendah biasanya ditandai dengan beberapa gejala. Mulai dari pusing, mual, pandangan mengabur, dan lain sebagainya. Selain memerhatikan gejalanya, Anda juga perlu mewaspadai beberapa faktor yang dapat membuat tekanan darah turun.

Misalnya, dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan, stres, olahraga ekstrem, anemia, perubahan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, dan lain-lain. Beberapa makanan dalam artikel ini dapat membantu Anda mengatasi gejala tekanan darah rendah. Namun, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya.

Telur

NDTV Food (food.ndtv.com) merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi telur agar tekanan darah bisa naik. Telur adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak vitamin B12. Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin itu, tubuh Anda akan terhindar dari anemia sehingga tekanan darah pun stabil.

Baca Juga: Perlu Anda Hindari, Berikut 4 Pantangan Tekanan Darah Tinggi

Kopi

Kopi termasuk salah satu makanan untuk tekanan darah rendah yang bisa Anda jadikan pilihan. Dengan mengonsumsi kopi, detak jantung dan sistem kardiovaskular akan meningkat. Hasilnya, tekanan darah pun naik. Selain kopi, efek yang sama juga bisa Anda dapat dari mengonsumsi teh.

Garam

Mengutip dari NDTV Food, penderita tekanan darah rendah sebaiknya memperbanyak asupan makanan yang mengandung banyak garam. Namun, bukan berarti Anda bebas mengonsumsi apa saja, ya. Pilihlah makanan asin yang bergizi, seperti ikan asap, cottage cheese, dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Manfaat dan efek samping pandan untuk kesehatan

Minyak Zaitun

Minyak zaitun termasuk salah satu makanan untuk tekanan darah rendah.

Tahukah Anda bahwa minyak zaitun termasuk dalam makanan untuk tekanan darah rendah? Tak hanya memiliki rasa yang sedikit asin, minyak zaitun juga dipenuhi dengan berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Misalnya, vitamin E, copper, zat besi, dan lain sebagainya.

Air Putih

Seperti yang telah disebutkan, salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk minum air putih. Usahakan untuk minum delapan gelas air putih per hari. Namun, jumlah itu bisa berbeda, tergantung dari kegiatan dan kondisi Anda.

Selanjutnya: Selain Obat, Ini Cara Membantu Mengatasi Diabetes

Editor: Belladina Biananda
Terbaru