Tak hanya jeroan, hindari 6 pantangan kolesterol ini

Rabu, 28 Juli 2021 | 12:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak hanya jeroan, hindari 6 pantangan kolesterol ini

ILUSTRASI. Burger termasuk salah satu pantangan kolesterol yang perlu Anda perhatikan. Kontan/Alri Kemas.

KONTAN.CO.ID - Anda perlu mewaspadai beberapa jenis makanan dan minuman yang tergolong dalam pantangan kolesterol. Tujuannya, supaya jumlah kolesterol dalam tubuh Anda tetap terkontrol.

Jika jumlahnya terlalu banyak, ada banyak jenis penyakit yang Anda alami. Jumlah kolesterol berlebih dalam tubuh akan menyumbat aliran darah sehingga aliran darah pun terganggu.

Saat hal itu terjadi, tekanan darah Anda bisa meningkat. Akibatnya, risiko Anda mengalami penyakit jantung, stroke, dan jenis penyakit lain pun lebih tinggi.

Tentu, Anda tidak ingin mengalami hal itu, kan? Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi sehari-hari.

Usahakan untuk membatasi atau tidak mengonsumsi makanan-makanan ini sama sekali:

Jeroan

Jeroan, seperti hati, memang berguna untuk tubuh karena mengandung banyak zat besi. Sayangnya, jenis makanan itu juga memiliki banyak kolesterol sehingga tak baik untuk Anda konsumsi terlalu sering.

Alih-alih mengonsumsi jeroan, pilihlah sumber zat besi lain yang lebih sehat.

Baca Juga: Sebaiknya Anda hindari, berikut 4 pantangan sakit tipes

Kerang

Melansir The Street, kerang termasuk salah satu jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Apalagi, jika Anda menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Burger

Burger merupakan jenis makanan cepat saji yang termasuk dalam daftar pantangan kolesterol. Apalagi jika isi burger semakin beraneka ragam.

Dibanding burger, cobalah untuk mengonsumsi makanan lain yang lebih sehat. Misalnya, roti gandum dan salad.

Kentang goreng

Kentang goreng termasuk dalam daftar pantangan kolesterol.

Selain burger, kentang goreng jadi makanan cepat saji lainnya yang perlu Anda hindari jika ingin mengontrol jumlah kolesterol. Sebenarnya, kentang tidak mengandung banyak kolesterol.

Tapi, cara pengolahan kentang gorenglah yang membuat jenis makanan itu tak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: 4 Pantangan tekanan darah tinggi yang perlu dihindari

Es krim

Siapa yang suka mengonsumsi es krim? Ternyata, jenis makanan itu termasuk salah satu pantangan kolesterol, lo. Mengutip dari The Street, jenis makanan manis itu memiliki lebih banyak kalori dibandingkan dengan burger atau donat.

Daging merah

Bagi penderita kolesterol tinggi, sebaiknya waspadai konsumsi daging merah, seperti daging kambing, daging babi, atau daging sapi.

Cobalah mengganti daging merah dengan makanan lain yang lebih sehat. Misalnya, daging ayam, ikan salmon, protein nabati.

Selanjutnya: 5 Macam diet yang diklaim ampuh menurunkan berat badan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru