kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Pantangan tekanan darah tinggi yang perlu dihindari


Selasa, 29 Juni 2021 / 12:15 WIB
4 Pantangan tekanan darah tinggi yang perlu dihindari
ILUSTRASI. Minuman yang mengandung banyak gula termasuk salah satu pantangan tekanan darah tinggi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Jika terus dibiarkan, tekanan darah tinggi bisa mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu cara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan adalah dengan menghindari beberapa pantangan tekanan darah tinggi.

Mengutip dari Healthline, Anda perlu banyak makan buah, sayur, biji-bijian utuh, dan lean protein. Tentu saja, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter supaya bisa mendapat menu makan sehat yang sesuai dengan kondisi Anda.

Biasanya, dokter akan merekomendasikan beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari. Misalnya, makanan dan minuman yang mengandung banyak natrium dan gula. Jenis makanan dan minuman itu justru bisa memperparah tekanan darah dalam tubuh.

Acar

Tahukah Anda bahwa acar termasuk salah satu pantangan tekanan darah tinggi? Jenis makanan itu mengandung banyak garam sehingga tidak baik untuk tekanan darah Anda.

Sebuah acar timun berukuran kecil mengandung sekitar 447 mg natrium. Jadi, sebaiknya batasi atau benar-benar hindari konsumsi acar.

Baca Juga: Cek 5 pantangan diabetes yang sebaiknya Anda hindari

Gula

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi sebaiknya mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi banyak gula dapat membuat seseorang mengalami obesitas.

Nah, hal itulah yang berpengaruh pada tekanan darah tubuh. Tak hanya orang dewasa, anak kecil juga bisa mengalami hal yang sama.

Jadi, jangan lupa untuk membatasi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, apalagi pemanis buatan, seperti minuman bersoda.

Alkohol

Minuman beralkohol termasuk salah satu pantangan tekanan darah tinggi.

Alkohol termasuk pantangan tekanan darah tinggi berikutnya yang disebutkan Healthline. Selain meningkatkan tekanan darah, terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga berpengaruh pada efektivitas obat tekanan darah tinggi yang sedang Anda konsumsi.

Mulailah untuk mengurangi jumlah alkohol yang Anda konsumsi hingga akhirnya Anda bisa benar-benar tak mengonsumsi alkohol sama sekali. Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Waspadai 7 makanan ini yang berdampak buruk pada kesehatan jantung

Garam

Ada banyak makanan kaya garam yang sebaiknya tak Anda konsumsi supaya tekanan darah lebih terkontrol. Sebaiknya, jangan konsumsi garam lebih dari 1 sdt per hari.

Namun, setiap orang bisa memiliki batas maksimal konsumsi garam yang berbeda-beda. Jadi, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Selanjutnya: 5 Pantangan kolesterol ini sebaiknya tak Anda konsumsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×