kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Pantangan kolesterol ini sebaiknya tak Anda konsumsi


Kamis, 24 Juni 2021 / 11:16 WIB
5 Pantangan kolesterol ini sebaiknya tak Anda konsumsi
ILUSTRASI. Telur termasuk salah satu pantangan kolesterol yang perlu Anda waspadai.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah kolesterol yang tidak terkontrol berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda. Mulai dari membentuk plak di pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah, hingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Supaya Anda tak mengalami hal itu, menghindari pantangan kolesterol perlu Anda coba.

Mengubah kebiasaan makan penting dilakukan oleh Anda yang memiliki jumlah kolesterol tinggi. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak makanan sehat yang bisa Anda jadikan pilihan. Meski demikian, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Tujuannya agar makanan yang Anda konsumsi memberikan efek maksimal pada kesehatan tubuh. Selain memilih makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi, usahakan untuk mengolah berbagai macam makanan dengan cara yang sehat, ya.

Telur

Mengutip dari Very Well Health (verywellhealth.com), Anda perlu membatasi konsumsi telur agar jumlah kolesterol dalam tubuh tak meningkat. Apalagi jika Anda memiliki penyakit jantung atau diabetes. Usahakan untuk tidak mengonsumsi lebih dari dua hingga kuning telur per minggu.

Baca Juga: Inilah 4 pantangan asam lambung yang perlu Anda hindari

Jeroan

Jeroan atau organ dalam hewan, seperti liver, jadi pantangan kolesterol lainnya yang perlu Anda hindari. Umumnya, 3 ons jeroan mengandung sekitar 375 mg kolesterol yang mana tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Alih-alih mengonsumsi jeroan, cobalah makanan lain yang tak mengandung banyak lemak.

Daging Sapi

Ada beberapa bagian daging sapi yang perlu Anda hindari supaya jumlah kolesterol dalam tubuh lebih terkontrol. Bagian daging sapi yang sebaiknya tidak Anda konsumsi terlalu banyak adalah tenderloin, pinggang atas, t-bone, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cek 5 pantangan diabetes yang sebaiknya Anda hindari

Gorengan

Gorengan termasuk dalam daftar pantangan kolesterol.

Gorengan termasuk dalam daftar pantangan kolesterol yang sebaiknya Anda hindari. Alasannya karena gorengan memiliki kandungan lemak trans yang cukup tinggi. Alih-alih mengonsumsi makanan yang digoreng, ada baiknya untuk mengolah beberapa jenis makanan dengan merebusnya agar lebih sehat.

Dessert

Dessert atau makanan pencuci mulut, seperti muffin, pai, atau kue kering, perlu Anda hindari supaya jumlah kolesterol tidak bertambah. Very Well Health mengatakan bahwa dessert mengandung banyak lemak trans. Jika Anda memang ingin mengonsumsinya, usahakan untuk makan dessert dengan resep rendah lemak.

Selanjutnya: Waspadai 7 makanan ini yang berdampak buruk pada kesehatan jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×