Tips Sehat

Inilah 4 pantangan asam lambung yang perlu Anda hindari

Sabtu, 19 Juni 2021 | 12:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 pantangan asam lambung yang perlu Anda hindari

KONTAN.CO.ID - Menghindari beberapa jenis pantangan asam lambung perlu Anda lakukan. Tujuannya, agar kondisi organ pencernaan tetap sehat dan terhindar dari masalah yang lebih parah.

Supaya asam lambung Anda tetap terkontrol, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan rendah lemak. Selain itu, memiliki berat badan yang normal dengan rajin olahraga juga perlu dilakukan.

Asam lambung juga bisa dihindari dengan menghentikan kebiasaan merokok, tidak makan berat tiga jam sebelum tidur, dan tidak membiarkan perut kosong terlalu lama agar tak ada cairan asam yang terproduksi.

Kemudian, cobalah untuk menghindari pantangan asam lambung berikut:

Baca Juga: Sering sesak nafas saat asam lambung naik? Begini cara mengatasinya

Makanan berlemak

Mengutip dari My Food Data, menghindari makanan berlemak perlu dilakukan agar asam lambung tak naik. Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada dua kelompok.

Setiap kelompok diberi makanan dengan volume, protein, dan karbohidrat yang sama. Kelompok yang mengonsumsi lemak lebih banyak mengalami peningkatan asam lambung.

Hal itu menunjukkan, konsumsi makanan berlemak perlu dibatasi agar kesehatan pencernaan terjaga.

Cokelat

Cokelat memang terasa lezat, tapi ternyata makanan manis ini bisa menyebabkan asam lambung meningkat. Tak hanya itu, cokelat juga membuat katup antara lambung dan kerongkongan mengendur sehingga asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Ini obat herbal asam lambung yang bisa Anda buat sendiri di rumah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru