kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vidi Aldiano 3 Tahun Sakit Kanker Ginjal, Waspadai Gejala Awal Ginjal Bermasalah


Kamis, 21 September 2023 / 05:00 WIB
Vidi Aldiano 3 Tahun Sakit Kanker Ginjal, Waspadai Gejala Awal Ginjal Bermasalah


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Gejala Awal Ginjal Bermasalah - Jakarta. Inilah gejala awal ginjal bermasalah. Gejala awal ginjal bermasalah penting diketahui untuk mencegah terjadinya kanker. Seperti yang dialami penyanyi Vidi Aldino, ternyata dia menderita kanker ginjal stadium 3.

Penyanyi Vidi Aldiano mengaku menderita kanker ginjal sejak tiga tahun lalu. Vidi Aldiano mengidap penyakit kanker ginjal stadium tiga.

"Sudah memasuki tahun ketiga, dimana gue menjadi cancer warior," tulis Vidi dalam akun Instagram @Vidialdiano.

Kanker ginjal tersebut kini telah menyebar ke beberapa titik di bagian tubuhnya. Untuk mengobati penyakit kanker ginjal tersebut, Vidi Aldiano wajib berobat ke rumah sakit setiap tiga minggu sekali.

Salah satu perawatan yang dialkukan Vidi Aldiano untuk sembuh dari Kanker Ginjal adalah menjalani perawatan spa.

"Selama gue diberikan kekuatan untuk melawan penyakit ini, gue enggak boleh cupu. Gue harus bisa living my life," tambah Vidi.

Baca Juga: Vidi Aldiano Derita Kanker Ginjal, Apa Ciri-Ciri Awal Kanker Ginjal Stadium 1?

10 gejala awal ginjal bermasalah

Kanker ginjal pada stadium awal susah dideteksi. Namun, kita bisa waspada terhadap gangguan ginjal bermasalah.

Diberitakan Kompas.com, penyakit ginjal termasuk silent killer karena kerap kali tidak disadari penderitanya. Biasanya gejalanya mulai terasa ketika kondisinya sudah sangat parah dan terlambat ditangani.

Berikut gejala awal ginjal bermasalah:

Lebih lelah, kurang berenergi, atau sulit berkonsentrasi

Gejala awal ginjal bermasalah yang pertama adalah lebih lelah, kurang berenergi atau sulit konsentrasi. Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan kita lebih mudah merasa lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. Komplikasi lainnya adalah anemia yang juga dapat menyebabkan tubuh merasa lemah dan lelah.

Susah tidur

Gejala awal ginjal bermasalah yang kedua adalah susah tidur. Kerja ginjal yang terganggu menyebabkan racun tetap berada dalam darah sehingga kita lebih sulit tidur. Ada juga hubungan antara obesitas dan sleep apnea, yang lebih sering terjadi pada penderita penyakit ginjal kronis.

Kulit kering dan gatal

Gejala awal ginjal bermasalah yang ketiga adalah kulit kering dan gatal-gatal. Ginjal berguna untuk membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh, memproduksi sel darah merah, menjaga tulang tetap kuat dan mempertahankan jumlah mineral di dalam darah. Saat fungsi tersebut terganggu maka kulit cenderung terasa kering dan gatal.

Kencing lebih sering

Gejala awal ginjal bermasalah yang keempat adalah sering kencing. Keinginan kencing lebih sering, terutama di malam hari, ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Hal ini disebabkan filter ginjal rusak sehingga keinginan Buang Air Kecil (BAK) lebih tinggi. Gejala ini juga bisa menandakan infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

Urine berbusa

Gejala awal ginjal bermasalah yang kelima adalah urine berbusa. Kondisi lainnya yang mungkin menjadi gejala penyakit ginjal adalah kencing berbuih atau berbusa.

Gelembung berlebihan dalam urine, yang harus disiram air berulang kali sebelum hilang, menandakan adanya protein yakni albumin. Kondisi ini tidak ideal sehingga disarankan untuk segera memeriksakan diri.

Adanya urin dalam darah

Gejala awal ginjal bermasalah yang keenam adalah adanya urin dalam darah. Ginjal yang sehat menjaga sel-sel darah di dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urin. Namun ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini dapat mulai "bocor" ke dalam urin. Keluhan ini juga bisa menjadi indikasi adanya tumor, batu ginjal, atau infeksi.

Bengkak terus-menerus di sekitar mata

Gejala awal ginjal bermasalah yang ketujuh adalah bengkak di sekitar mata. Pembengkakan ini merupakan tanda awal bahwa filter ginjal telah rusak sehingga terjadi kebocoran protein.

Pergelangan kaki dan kaki bengkak

Gejala awal ginjal bermasalah yang kedelapan adalah bengkak di pergelangan kaki dan kaki. Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium yang menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan di ekstremitas bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kaki kronis.

Nafsu makan terganggu

Gejala awal ginjal bermasalah yang kesembilan adalah nafsu makan terganggu. Nafsu makan yang buruk bisa jadi akibat penumpukan racun karena fungsi ginjal terganggu.

Otot kram

Gejala awal ginjal bermasalah yang ke-10 adalah otot kram. Ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi akibat gangguan fungsi ginjal. Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan kram otot.

Itulah berbagai gejala awal ginjal bermasalah. Jika mengalami gejala ginjal bermasalah tersebut, segera hubungi dokter.


Penulis : Sekar Langit Nariswari
Editor : Sekar Langit Nariswari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×