kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-Ciri Kanker Ginjal Stadium 1 Atau Awal, Waspadai Penyebab Kanker Ginjal Berikut


Selasa, 21 Maret 2023 / 06:54 WIB
Ciri-Ciri Kanker Ginjal Stadium 1 Atau Awal, Waspadai Penyebab Kanker Ginjal Berikut
ILUSTRASI. Ciri-Ciri Kanker Ginjal Stadium 1 Atau Awal, Waspadai Penyebab Kanker Ginjal Berikut


Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali ciri-ciri kanker ginjal sejak stadium awal atau 1. Untuk mencegah kanker ginjal, waspadai sejumlah faktor penyebab kanker ginjal.

Mengetahui ciri-ciri kanker ginjal sejak stadium awal atau 1 sangat penting. Semakin cepat kanker ginjal dikenali, dokter pun lebih mudah dalam memberikan pengobatan.

Hanya saja, selama ini banyak orang yang meremehkan ciri-ciri kanker ginjal stadium awal atau 1. Walhasil, banyak pasien kanker ginjal berobat dalam kondisi parah atau stadium lanjut.

Dilansir dari Kompas.com, stadium kanker menunjukkan tingkat keparahan penyakit. Jika Anda menderita kanker ginjal stadium 1, artinya sel kanker belum menyebar keluar ginjal.

Mengutip Medical News Today, dokter mengukur stadium kanker ginjal dengan skala 1 sampai 4. Pada stadium 1, kanker ginjal biasanya belum muncul atau tidak jelas.

Baca Juga: 3 Bumbu Masak yang Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Semakin tinggi stadiumnya, akan semakin menyebar sel kankernya. Saat ini gejalanya mungkin semakin jelas.

Bagaimana stadium kanker ginjal?

Mengutip Healthline, kanker ginjal dibagi dalam 4 stadium, yang masing-masing memiliki karater berikut:

  • Kanker ginjal stadium 1

Tahapan yang paling tidak agresif. Tumor kanker relatif kecil, mungkin berdiameter 7 cm atau lebih kecil. Tumor hanya ada di ginjal dan belum ada penyebaran ke kelenjar getah bening atau organ lain.

  • Kanker ginjal stadium 2

Tumor lebih besar dari 7 cm, tetapi masih terlokalisasi di ginjal. Belum menyebar ke kelenjar getah bening atau organ lainnya.

  • Kanker ginjal stadium 3

Kanker ginjal stadium 3 ini terdiri dari 2 skenario, berdasarkan sistem TNM. Skenario pertama, tumor tumbuh ke dalam vena besar (seperti vena ginjal atau vena cava) atau ke dalam jaringan di sekitar ginjal, tetapi belum menyebar (metastasis) ke kelenjar adrenal atau di luar fasia gerota.

Belum ada penyebaran juga ke kelenjar getah bening atau organ jauh. Dalam skenario kedua, tumor bisa berukuran berapa saja dan bisa muncul di luar ginjal. Sel kanker juga telah menginvasi kelenjar getah being di dekatnya, tetapi belum menyebar lebih jauh.

  • Kanker ginjal stadium 4

Pada stadium ini, perkembangan sel kanker dibagi dalam 2 skenario. Skenario pertama, tumor tumbuh lebih besar dan mencapai jaringan di luar ginjal. Mungkin sudah ke kelenjar getah bening terdekat. Namun, belum menyebar hingga ke kelenjar getah bening yang jauh atau organ lainnya.

Skenario kedua, tumor kanker utama bisa berukuran berapa saja dan mungkin tumbuh di luar ginjal. Mungkin juga sudah menyebar ke organ lain atau kelenjar getah bening yang jauh. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai karakter dari masing-masing stadium kanker ginjal, Anda perlu bertanya pada dokter ahli.

Ciri-ciri kanker ginjal stadium 1

Mengutip Medical News Today, gejala kanker ginjal stadium 1 biasanya belum muncul. Namun, ciri-ciri kanker ginjal bisa muncul seiring berkembangnya tumor.

Kemungkinan ciri-ciri kanker ginjal stadium 1 atau awal meliputi:

  • Urine berdarah
  • Nyeri punggung bawah di satu sisi yang bukan karena cedera
  • Benjolan di punggung bawah atau samping
  • Kehilangan selera makan
  • Penurunan berat badan yang tidak disengaja
  • Demam yang tidak kunjung sembuh dan bukan karena infeksi
  • Kelelahan terus-menerus
  • Anemia

Jika kondisi ini tidak segera diperiksakan dan diobati, maka kanker akan terus berkembang ke stadium selanjutnya. Jika tumor tumbuh hingga lebih dari 7 cm, dokter mengklasifikasikannya sebagai kanker ginjal stadium 2. Kemudian jika sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat, dokter akan mengklasifikasikannya sebagai stadium 3, terlepas dari ukuran tumornya.

Penyebab kanker ginjal

Diberitakan Kontan.co.id, lebih dari 65.000 orang Amerika Serikat (AS) terkena kanker ginjal setiap tahun. Namun, penyebab kanker ginjal masih belum bisa dipastikan. Mengetahui faktor risiko bisa membantu Anda mencegah penyakit ini.

Mengutip situs resmi Cancer Treatment Centers of America, cancercenter.com, penyebab kanker ginjal dimulai saat DNA sel di ginjal bermutasi. Itu menyebabkan pemecahan dan pertumbuhan sel yang tidak bisa dikontrol.

Cancer Treatment Centers of America menyebutkan, ada beberapa faktor risiko penyebab kanker ginjal, yaitu faktor risiko umum, genetik, dan gaya hidup.

Faktor umum

Penyebab kanker ginjal bisa karena beberapa faktor umum. Usia seseorang bisa meningkatkan risiko terkena kanker ginjal. Secara umum, kanker ginjal tidak dialami oleh seseorang yang berusia di bawah 45 tahun.

Baca Juga: Cara meningkatkan nafsu makan kucing yang mudah untuk dilakukan

Menurut Cancer Treatment Centers of America, laki-laki mengalami penyebab kanker ginjal dua kali lebih besar dari wanita. Orang-orang yang obesitas juga mengalami kemungkinan yang sama. Selain itu, penyebab kanker ginjal dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan dialisis.

Genetik

Penyebab kanker ginjal tidak bisa dipisahkan dari keturunan atau riwayat kesehatan keluarga. Seseorang memiliki kemungkinan lebih besar terkena kanker ginjal jika ada anggota keluarga lain yang pernah mengalaminya.

Cancer Treatment Centers of America menyebutkan, ada beberapa riwayat kesehatan lain yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  1. Von hippel-lindau disease: mutasi genetik penyebab tumor di ginjal
  2. Hereditary papillary renal cell carcinoma: kanker keturunan yang biasanya terjadi di dua ginjal
  3. Sindrom birt-hogg-dube: penyakit kulit yang merusak folikel rambut
  4. Hereditary renal oncocytoma: jenis tumor ginjal yang memiliki resiko menular kecil
  5. Hereditary leiomyoma renal cell carcinoma: mutasi gen yang menyebabkan benjolan di kulit

Baca Juga: Wajib coba! 3 Obat asam urat herbal berbahan alami

Gaya hidup

Gaya hidup juga bisa dikaitkan dengan penyebab kanker ginjal. Cancer Treatment Centers of America menyatakan, merokok atau obesitas bisa jadi penyebab kanker ginjal yang harus segera Anda atasi.

Itulah ciri-ciri kanker ginjal stadium awal atau 1 serta faktor penyebab kanker ginjal yang perlu diwaspadai. Segera hubungi dokter jika merasakan ciri-ciri kanker ginjal di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×