HOME

Wajib coba! 3 Obat asam urat herbal berbahan alami

Kamis, 13 Agustus 2020 | 12:33 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Wajib coba! 3 Obat asam urat herbal berbahan alami

ILUSTRASI. Jahe jadi salah satu obat asam urat herbal paling ampuh yang bisa Anda coba.

KONTAN.CO.ID - Asam urat tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, termasuk encok yang sering orangtua derita. Selain menggunakan pengobatan medis, obat asam urat herbal pun bisa Anda jadikan pilihan.

Penyebab encok adalah asam urat yang menumpuk di darah. Kemudian, menumpuk di bagian sendi sehingga menyebabkan inflamasi dan rasa tidak nyaman saat Anda menggerakkan sendi.

Mengutip Healthline, ada tiga obat asam urat herbal yang bisa Anda coba. Berikut obat asam urat herbal:

Jahe

Obat asam urat herbal pertama yang bisa Anda coba adalah jahe. Jahe bisa menurunkan jumlah asam urat berlebih dalam tubuh dengan menurunkan jumlah serum asam urat.

Baca Juga: Berikut tanda tubuh kekurangan vitamin B12 yang harus Anda cegah

Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman. Rebuslah dua sendok makan jahe selama 10 menit. Minumlah rebusan tersebut sebanyak tiga kali dalam satu hari.

Tapi, mengonsumsi jahe bisa menimbulkan efek samping, ya. Jadi jangan lupa, untuk tetap konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cuka Apel, air lemon, dan kunyit

Cuka apel, air lemon, dan kunyit bisa jadi obat asam urat herbal dengan rasa yang enak. Healthline menyebutkan, memang belum ada penelitian yang membuktikan cuka apel bisa menyembuhkan asam urat.

Namun, cuka apel bisa untuk meningkatkan fungsi ginjal. Sedangkan air lemon dan kunyit sudah terbukti bisa menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh.

Campurkan perasan setengah lemon dalam segelas air hangat. Jangan lupa untuk menambahkan dua sendok teh kunyit dan satu sendok teh cuka apel. Minum campuran ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: Tidak ingin asam lambung naik? Hindari makanan dan minuman ini

Apel

Menurut Healthline, apel adalah obat urat herbal paling ampuh. Malic acid dalam apel bisa menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh. Namun, belum ada penelitian yang bisa membuktikan hal ini.

Anda bisa mengonsumsi sebuah apel tiap hari. Jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa menyebabkan hyperuricemia sehingga memperparah asam urat.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru