Tips Sehat

Ternyata, bahan makanan rumahan ini bisa jadi obat batuk alami yang ampuh

Sabtu, 04 Juli 2020 | 07:45 WIB Sumber: Kompas.com
Ternyata, bahan makanan rumahan ini bisa jadi obat batuk alami yang ampuh

ILUSTRASI. Teh jahe kaya manfaat untuk kesehatan tubuh

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Batuk adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit batuk gampang terjadi, tapi juga gampang disembuhkan dengan obat-obatan dari bahan alam. Sejumlah bahan alam yang biasa dipakai untuk memasak bisa menjadi obat batuk alami yang ampuh lho.

Batuk adalah cara alami tubuh menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak maupun pemicu iritasi lainnya. Kendati bertujuan melindungi tubuh, namun batuk yang tak kunjung sembuh bisa cukup menjengkelkan.

Baca juga: Harga motor Honda baru per Juli 2020 didiskon besar-besaran, ini daftarnya

Batuk umumnya kian menjadi-jadi di malam hari. Terutama dalam posisi berbaring. Melansir Women's Health, batuk baik jenis kering maupun berdahak, bisa disebabkan infeksi virus atau bakteri, alergi, asam lambung naik, sampai asma.

Berikut sejumlah obat batuk alami yang ampuh meredakan batuk:

1. Teh herbal madu hangat

Menurut penelitian, madu merupakan obat batuk alami yang bisa meredakan batuk bagi anak-anak. Melansir Medical News Today, sebuah studi membandingkan anak-anak batuk yang diberi madu dan obat batuk jenis dextromethorphan.

Dari hasil penelitian, obat batuk alami berupa madu lebih memberikan efek lega di tenggorokan ketimbang dextromethorphan. Cara menggunakan madu untuk mengobati batuk alami cukup mudah. Campurkan dua sendok teh madu dengan air hangat atau teh herbal.

Minum campuran obat batuk alami ini sekali atau dua kali sehari. Ingat, jangan berikan madu kepada bayi di bawah usia satu tahun karena rentan menimbulkan reaksi alergi.

2. Jahe

Jahe merupakan obat batuk alami untuk jenis batuk kering. Rempah-rempah yang kerap digunakan sebagai bahan jamu atau bumbu memasak ini punya formula antiperadangan.

Studi menunjukkan, senyawa antiperadangan pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara. Sehingga, intensitas batuk bisa berkurang.

Cara menggunakan jahe sebagai obat batuk alami adalah seduh 20-40 gram irisan jahe ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu dan perasan lemon untuk meningkatkan khasiatnya sebagai obat batuk alami.

Namun hati-hati, beberapa orang yang punya masalah lambung bisa mengalami sakit perut saat minum air seduhan jahe sebagai obat batuk alami.

3. Banyak minum air

Menjaga kecukupan cairan tubuh sangat penting bagi orang yang sedang batuk atau pilek. Studi menunjukkan, air dengan suhu ruangan merupakan obat batuk alami karena dapat meredakan gejala batuk, pilek, dan bersin. Jika batuk disertai gejala flu atau pilek, minum air hangat.

Baca juga:Lelang rumah di Kabupaten Tangerang ada 3 unit, harga Rp 300-an juta, ini daftarnya

Namun, jika batuk disertai radang tenggorokan, hindari minuman terlalu panas. Beberapa jenis cairan yang bisa menenangkan batuk di antaranya kuah kaldu, teh herbal, air putih hangat, atau wedang jeruk.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru