Tips Sehat

Awas! Minum air lemon berlebihan bisa menganggu kesehatan

Selasa, 30 Juni 2020 | 12:03 WIB Sumber: Kompas.com
Awas! Minum air lemon berlebihan bisa menganggu kesehatan

ILUSTRASI. Water infused lemon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kaya akan manfaat sebaiknya Anda tidak berlebihan minum air lemon. Sebab, air lemon memiliki efek samping yang bisa mengganggu kesehatan Anda. 

Belakangan sebagian masyarakat mulai rutin minum air lemon. Tidak heran, air lemon bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, lemon mengandung vitamin c yang berfungsi sebagai antioksidan pelawan kanker dan mampu meningkatkan energi. 

Baca Juga: Infused water timun ampuh menurunkan tekanan darah tinggi

Cukup banyak orang yang percaya minum perasan air lemon bisa menurunkan berat badan. Sayangnya, tidak ada bukti yang mendukung hal tersebut. 

Bila Anda penggemar berat air lemon sebaiknya ketahui efek sampingnya. Jangan sampai kesehatan Anda terganggu karena terlalu banyak minum air lemon. Berikut efek samping terlalu banyak minum air lemon.  

Mulas 

Terlalu banyak mengkonsumsi air lemon bisa menimbulkan sensasi seperti dada Anda terbakar. Demikian kata ahli gizi di NYC, Jackie Ballou, RD. 
"Lemon adalah salah satu buah yang paling asam, jadi jika Anda rentan terhadap mulas, buah ini pasti bisa memicu episode perut mulas," kata Ballou. 

Merusak enamel 

Rasa lemon yang sangat asam bisa mengikis enamel pelindung gigi, yang menyebabkan gigi berlubang atau sensitivitas gigi lainnya. 

Solusinya, Anda bisa menggunakan sedotan saat minum air lemon. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kerusakan enamel. 

"Anda tidak bisa minum air lemon sepanjang hari sebagai pengganti air putih biasa," kata Ballou. Minum air lemon tanpa membilasnya dengan air putih akan membahayakan gigi Anda. 

Alternatif lain 

Tidak ada yang menentang manfaat air lemon, tetapi ada jenis infused water lain yang bisa Anda coba. 

Selagi Anda mencoba mengurangi kebiasaan minum air lemon, ada infused water seperti air putih dicampur potongan pepaya dan melon yang juga bisa membantu program penurunan berat badan, tanpa merusak gigi Anda atau menyebabkan mulas. Selamat mencoba!(Liky Turangan) 

Baca Juga: Berikut obat herbal yang ampuh meredakan batuk berdahak

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Efek Samping Terlalu Banyak Minum Air Lemon", 

Editor: Tri Sulistiowati
Tag


Terbaru