Kecantikan & Kebugaran

Tanpa mengunjungi salon, ini cara merawat rambut di tengah pandemi covid 19

Jumat, 10 Juli 2020 | 14:39 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Tanpa mengunjungi salon, ini cara merawat rambut di tengah pandemi covid 19

ILUSTRASI. Mengunjungi salon saat pandemi covid 19 cukup beresiko. Anda bisa melakukan perawatan rambut secara mandiri di rumah. REUTERS/Mohammad Ponir Hossain TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Adanya pandemi covid 19 menyebabkan banyak perubahan di kehidupan seseorang. Mulai dari adanya protokol kesehatan yang ditetapkan, larangan membentuk kerumunan orang dalam satu tempat, dan lain sebagainya. Upaya mencegah penyebaran virus covid 19 juga berdampak pada cara seseorang merawat rambut.

Anda mungkin terbiasa melakukan perawatan dengan mengunjungi salon. Namun, sayangnya pandemi covid 19 menghalangi Anda untuk melakukan hal itu. Dilansir dari instyle.com, mengunjungi salon di tengah pandemi covid memiliki resiko terkena virus tersebut. Apalagi jika salon belum melaksanakan protokol kesehatan yang tepat, seperti mengatur jarak tiap kursi dan membatasi pengunjung.

Dilansir dari laman yang sama, Anna Bershteyn, PhD, asisten profesor di Departement of Population Health at NYU Langone Health, menjelaskan bahwa cara utama seseorang bisa terkena virus covid 19 adalah karena bernapas di dekat orang yang terkena virus covid 19, apalagi jika hal itu terjadi di ruangan tertutup.

Baca Juga: Lakukan kebiasaan baru ini, biar kulit semakin cantik

Tanpa harus pergi ke salon untuk merawat rambut, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, lho. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Jangan Terlalu Sering Membasahi Rambut

Terlalu sering mencuci rambut menggunakan rambut justru akan membuat rambut menjadi lebih cepat rusak. Allure.com menyebutkan, jika Anda merasa rambut lebih berminyak dan mudah berkeringat saat pandemi covid 19, lebih baik atasi dengan memakai dry shampoo.

  • Pakai Conditioner

Saat jadwal mencuci rambut tiba, jangan lupa untuk memakai conditioner. Conditioner berfungsi untuk menjaga kekuatan rambut. Selain itu, conditioner juga bisa dipakai agar rambut semakin mudah ditata.

Dilansir dari Newsweek.com, gunakan conditioner hanya pada rambut. Jangan memakai conditioner sampai ke kulit kepala karena akan membuatnya kering. Selain itu, conditioner yang terkena kulit kepala juga akan menimbulkan banyak ketombe.

Baca Juga: Yuk, kenali jenis dan gejala penyakit auto imun

  • Gunakan Masker Rambut

Perawatan rambut saat pandemi covid 19 juga bisa Anda lakukan dengan memakai masker rambut. Dari laman yang sama, newsweek.com mengatakan bahwa menggunakan masker rambut secara rutin bisa dipakai untuk menyejukkan dan meremajakan kondisi rambut yang rusak.

Masker rambut mengandung bahan-bahan yang bisa mengembalikan minyak alami rambut. Tentu saja kandungan yang ada dalam masker rambut lebih banyak dibandingkan dengan kandungan yang ada di conditioner. Anda bisa menggunakan masker rambut sebanyak satu kali dalam seminggu selama pandemi covid 19.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru