kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa Konsumsi Obat, Begini 5 Cara Efektif Merontokkan Asam Urat


Kamis, 27 Juli 2023 / 06:35 WIB
Tanpa Konsumsi Obat, Begini 5 Cara Efektif Merontokkan Asam Urat


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

CARA MENGATASI ASAM URAT TINGGI - Saat asam urat tinggi, penderitanya pasti merasakan gejala nyeri di sejumlah sendi tubuhnya. Asam urat merupakan produk limbah alami dari purin. 

Zat purin biasanya ditemukan dalam kadar tinggi di beberapa makanan. Sejumlah makanan yang kaya akan purin adalah daging, sarden, jeroan, kacang kering, dan bir. 

Purin yang dipecah dalam tubuh akan menghasilkan asam urat yang kemudian disaring oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urine. Jika kadar purin dalam tubuh terlalu banyak atau tubuh tidak mampu membuang limbah purin dengan cepat, asam urat akan menumpuk dalam darah. 

Dilansir dari Healthline, 11 Maret 2019, asam urat yang tinggi atau hiperurisemia dapat menyebabkan penyakit asam urat. 

Penyakit asam urat mengakibatkan nyeri sendi akibat adanya kristal asam urat yang menumpuk. Di samping itu, gangguan kesehatan tertentu juga dapat membuat kadar asam urat tinggi, yakni penyakit ginjal, diabetes mellitus, hipotiroidisme, beberapa jenis kanker, dan psoriasi. 

Baca Juga: 3 Ramuan herbal yang bisa merontokkan asam urat tinggi

Cara menurunkan asam urat tinggi 

Mengontrol asam urat agar tetap dalam kadar normal penting untuk mencegah menurunkan risiko penyakit asam urat. Dilansir dari Medical News Today, 29 Mei 2019, berikut adalah cara menurunkan asam urat tinggi tanpa obat. 

1. Hindari alkohol dan minuman manis 

Konsumsi alkohol dan minuman manis yang berlebihan, seperti soda dan jus buah, berkaitan dengan peningkatan kadar asam urat. 

Alkohol dan minuman manis juga menambah kalori yang tidak perlu ke dalam makanan sehingga berpotensi menaikkan berat badan. 

2. Minum kopi 

Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang minum kopi memiliki risiko lebih kecil terserang penyakit asam urat. Wanita yang mengonsumsi 1-3 cangkir kopi per hari memiliki penurunan 22 persen risiko asam urat dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Baca Juga: 8 Vitamin & Suplemen untuk GERD, Pengobatan Tanpa Obat Kimia untuk Asam Lambung




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×