Tak hanya madu, cek 6 rekomendasi obat alergi dingin ini

Jumat, 24 September 2021 | 07:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak hanya madu, cek 6 rekomendasi obat alergi dingin ini

ILUSTRASI. Manfaat madu adalah digunakan sebagai obat alergi dingin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cuaca lingkungan Anda yang dingin bisa jadi salah satu faktor penyebab alergi. Tentu saja Anda membutuhkan obat alergi dingin supaya kondisi kesehatan tak semakin parah. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengobati alergi.

Berbagai macam kondisi dapat Anda alami karena alergi. Gejala alergi yang cukup umum dialami banyak orang adalah bersin, hidung tersumbat, muncul ruam di kulit dan terasa gatal, asma, dan lain sebagainya.

Anda perlu mewaspadai sumber alergi supaya kondisi-kondisi itu tidak terjadi. Misalnya, menggunakan pakaian yang hangat. Nah, beberapa bahan alami di bawah ini bisa ikut meredakan gejala alergi yang Anda alami.

Bromelain

Mengutip dari Healthline (healthline.com), bromelain dapat Anda jadikan obat alergi dingin. Bromelain adalah salah satu enzim yang bisa Anda temukan dalam buah nanas atau buah apel.

Selain jenis buah itu, bromelain juga bisa Anda temukan dalam bentuk suplemen. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai saran dokter, ya.

Baca Juga: 4 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat alergi gatal

Probiotik

Selain bromelain, probiotik merupakan jenis nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh untuk melawan reaksi alergi. Yogurt merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung banyak probiotik. Cobalah untuk rutin mengonsumsi produk olahan susu itu supaya reaksi alergi berkurang.

Vitamin C

Vitamin C dapat digunakan sebagai obat alergi dingin.

Tahukah Anda bahwa vitamin C dapat digunakan sebagai obat alergi? Melansir Healthline, cobalah untuk mengonsumsi 2000 mg vitamin C per hari supaya gejala alergi dapat mereda. Meski demikian, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter.

Madu

Madu jadi bahan alami selanjutnya yang tak boleh ketinggalan untuk mengobati alergi. Namun, usahakan untuk tidak memberikan madu pada anak berusia di bawah satu tahun, ya. Jika Anda memberikannya, justru madu bisa jadi sumber alergi.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat luka bakar, bisa dari bahan alami

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dapat dijadikan obat alergi dingin yang cukup mudah ditemukan. Jenis minyak itu mengandung antimikroba yang membantu tubuh mengatasi alergi dan jenis penyakit lain yang mungkin menyerang tubuh.

Quercetin

Quercetin merupakan salah satu jenis nutrisi yang ditemukan di banyak bahan alami, seperti brokoli, kembang kol, buah sitrus, dan teh hijau. Kandungan itu dapat menstabilisasi produksi histamin sehingga reaksi alergi menjadi lebih terkontrol.

Selanjutnya: 4 Penyebab biduran ini perlu Anda waspadai, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru