kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Penyebab biduran ini perlu Anda waspadai, apa saja?


Senin, 13 September 2021 / 11:54 WIB
4 Penyebab biduran ini perlu Anda waspadai, apa saja?
ILUSTRASI. Mengenali penyebab biduran termasuk salah satu cara mendapat perawatan yang tepat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biduran adalah ruam kulit yang terasa gatal dan berwarna merah. Tentu saja penyebab biduran perlu Anda perhatikan supaya kesehatan kulit Anda tidak terganggu. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda juga bisa mencari perawatan yang sesuai.

Very Well Health (verywellheatlh.com) menyebutkan bahwa biduran banyak dihubungkan dengan alergi makanan, efek samping obat, stres, penyakit autoimun, dan lain sebagainya. Untuk mendapat diagnosa yang tepat, tentu saja Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa faktor yang memicu kemunculan biduran. Supaya kondisi itu tak sering Anda alami, usahakan untuk mengikuti bentuk perawatan yang disarankan dokter, ya. Biasanya, dokter akan memberikan obat dan merekomendasikan Anda untuk menghindari jenis makanan tertentu.

Stres

Kemunculan biduran bisa semakin parah saat Anda terlalu stres. Meski belum bisa diketahui secara pasti, hormon stres, seperti kortisol, memengaruhi respons sistem imun tubuh. Hasilnya, ruam berwarna merah dan terasa gatal muncul di beberapa bagian tubuh Anda.

Baca Juga: Perlu Anda waspadai, 5 penyebab keringat dingin ini

Penyakit Tertentu

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa jadi penyebab penyakit biduran. Misalnya, penyakit ginjal kronis, hepatitis, lupus, limfoma, artritis, diabetes, dan lain-lain. Biduran juga lebih banyak dialami oleh anak-anak.

Melansir Very Well Health, 80% biduran yang dialami oleh anak-anak terjadi karena infeksi virus, seperti flu. Alasannya karena sistem imun tubuh anak-anak belum terbentuk dengan sempuran. Akibatnya, infeksi kecil pun dapat menimbulkan biduran.

Baca Juga: Catat, inilah penyebab biduran yang perlu Anda perhatikan

Alergi

Alergi makanan, seperti telur, bisa jadi penyebab biduran.

Alergi merupakan salah satu faktor umum penyebab penyakit biduran. Selain itu, alergi juga ditandai dengan masalah pada sistem pernapasan, seperti sesak napas atau hidung tersumbat. Supaya biduran tak sering terjadi, hindari makanan yang berpotensi menjadi alergen. Misalnya, telur, kerang, dan susu.

Beberapa jenis obat juga bisa memicu reaksi alergi. Contohnya, antibiotik, ibuprofen, obat antijamur, dan lain sebagainya. meski jarang terjadi, alergi terhadap gigitan serangga atau jenis hewan yang lain juga bisa menyebabkan masalah serupa.

Olahraga

Tahukah Anda bahwa olahraga bisa jadi penyebab penyakit biduran? Biduran yang Anda alami bisa semakin parah saat Anda melakukan olaharaga setelah mengonsumsi makanan yang memicu alergi. Supaya kondisi tubuh tak memburuk, tak ada salahnya untuk membicarakan kondisi Anda dengan dokter.

Selanjutnya: Panduan praktis mengobat biduran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×