4 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat alergi gatal

Selasa, 21 September 2021 | 09:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat alergi gatal

ILUSTRASI. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat alergi gatal.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kulit yang terasa gatal bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah alergi. Tentu saja Anda perlu obat alergi gatal supaya kondisi kulit tak memburuk. Jika dibiarkan, kulit gatal bisa terluka sehingga berisiko infeksi.

Melansir Medical News Today (medicalnewstoday.com), Anda perlu mendinginkan kulit supaya rasa gatal dapat berkurang. Suhu dingin juga mampu meredakan inflamasi atau peradangan sehingga kulit tak terluka.

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengaplikasikan satu kantung es batu yang dibalut dengan handuk bersih di kulit selama lima hingga 10 menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai rasa gatal berkurang. Selain memakai kompres dingin, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba.

Gunakan Oatmeal

Oatmeal merupakan bahan pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengobati rasa gatal. Kandungan dalam oatmeal efektif menjaga skin barrier sehingga kelembaban kulit pun terjaga. Dengan begitu, kondisi kulit yang kering dan gatal dapat teratasi.

Baca Juga: 4 Penyebab biduran ini perlu Anda waspadai, apa saja?

Pakai Menthol

Obat alergi gatal berikutnya yang dapat Anda jadikan pilihan adalah menthol. Ada banyak jenis essential oil yang mengandung menthol, misalnya peppermint. Supaya tak membahayakan kulit, jangan lupa untuk mencampur essential oil dengan carrier oil terlebih dahulu, ya.

Gunakan Baking Soda

Baking soda dpaat dijadikan obat alergi gatal.

Medical News Today merekomendasikan baking soda sebagai cara mengobati kulit gatal akibat alergi atau faktor yang lain. Menurut hasil penelitian, antijamur yang terdapat dalam baking soda efektif mencegah infeksi jamur di kulit.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan baking soda. Pertama, campur ¼ gelas baking soda dalam air lalu gunakan air tersebut untuk mandi. kedua, campur baking soda dan air hangat hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada bagian kulit yang terasa gatal.

Baca Juga: Mudah dan murah, pakai 5 pelembab untuk kulit kering ini

Manfaatkan Cuka Apel

Cuka apel termasuk obat alergi gatal selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Bukan tanpa alasan, manfaat itu berasal dari kandungan asam asetat dalam cuka apel. Pertama, campur cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama lalu gunakan pada kulit gatal.

Namun, Anda perlu berhati-hati jika terdapat luka di kulit. Kandungan asam yang cukup tinggi justru bisa memperparah luka yang Anda alami. Karena itu, sebaiknya hindari pemakaian cuka apel jika Anda memiliki luka, ya.

Selanjutnya: 5 Pelembab untuk kulit kering dari bahan alami, mudah dan murah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru