kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Rekomendasi obat luka bakar, bisa dari bahan alami


Rabu, 22 September 2021 / 06:44 WIB
4 Rekomendasi obat luka bakar, bisa dari bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Luka bakar adalah salah satu jenis luka yang perlu Anda rawat dengan benar. Salah satunya adalah memakai obat luka bakar yang sesuai. Dengan begitu, efek luka bakar dapat Anda minimalisasi sehingga kondisi tubuh bisa terjaga.

Mengutip Medical News Today (medicalnewstoday.com), tidak semua jenis luka bakr membutuhkan perawatan di rumah sakit. Luka bakar yang tak terlalu parah bisa Anda obati dengan bahan-bahan di sekitar Anda yang mudah ditemukan. Misalnya, madu, lidah buaya, dan lain-lain.

Selain memakai beberapa obat di bawah ini, pastikan luka bakar tidak terkena paparan sinar matahari terlalu sering, ya. Memakai pakaian longgar yang tak menekan luka bakar juga perlu Anda lakukan.

Air Dingin

Efek luka bakar ringan bisa Anda kurangi dengan menempatkan luka di bawah aliran air dingin. Lakukan langkah tersebut selama 20 menit. Selain mengurangi efek luka bakar, rasa sakit akibat luka tersebut juga bisa berkurang.

Baca Juga: 4 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat alergi gatal

Krim Antibiotik

Obat luka bakar selanjutnya yang perlu Anda gunakan adalah krim antibiotik, apalagi jika kulit melepuh. Tujuannya supaya kulit tak infeksi. Selain itu, memakai krim antibiotik juga bisa mempercepat proses penyembuhan.

Lidah Buaya

Lidah buaya jadi bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Medical News Today untuk mengobati luka bakar. Antiinflamasi bisa digunakan untuk meningkatkan aliran darah sehingga proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat.

Tidak berhenti sampai di situ, lidah buaya juga memiliki banyak antibakteri. Artinya, risiko infeksi dapat Anda hindari. Cobalah untuk rutin memakai gel lidah buaya sehingga luka bakar dapat teratasi dengan baik.

Baca Juga: 5 Obat luka diabetes agar cepat kering, dari bahan alami

Madu

Madu termasuk salah satu obat luka bakar yang dapat Anda gunakan.

Bahan alami lainnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat luka bakar adalah madu. Sama seperti bahan yang lain, madu mampu mencegah infeksi pada luka bakar. Anda hanya perlu menuangkan madu pada kain kasa lalu gunakan untuk menutup luka bakar.

Bahan Alami yang Perlu Anda Hindari

Selain beberapa bahan yang telah disebutkan, ada beberapa bahan yang sebaiknya tak Anda pakai untuk menyembuhkan luka bakar. Beberapa bahan yang dimaksud adalah essential oil, putih telur, pasta gigi, dan es batu.

Beberapa jenis bahan tersebut tak cukup steril sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi. Tak hanya menghindari pemakaian bahan-bahan yang telah disebutkan, jangan ragu untuk memeriksakan luka bakar Anda dengan dokter, ya. Apalagi jika luka dan rasa sakit semakin parah.

Selanjutnya: Tak perlu ke dokter! Ini 6 cara mengobati bisul secara alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×