kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Obat luka diabetes agar cepat kering, dari bahan alami


Selasa, 14 September 2021 / 07:57 WIB
5 Obat luka diabetes agar cepat kering, dari bahan alami
ILUSTRASI. Obat luka diabetes agar cepat kering bisa Anda temukan dari bahan-bahan alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi penderita diabetes, luka sekecil apa pun perlu diatasi dengan baik supaya tak bertambah parah. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekeliling Anda sebagai obat luka diabetes agar cepat kering.

Bottom Line Inc (bottomlineinc.com) mengatakan bahwa jumlah gula darah yang tak terkontrol mengakibatkan sistem imun tubuh tak optimum. Ketika hal itu terjadi, bakteri menjadi lebih mudah menginfeksi tubuh.

Pembuluh darah yang bertugas untuk mendistribusikan oksigen dan nutrisi supaya luka cepat sembuh pun tak bekerja secara maksimal. Akibatnya, luka yang Anda miliki menjadi lebih mudah bertambah parah.

Perlu diingat bahwa beberapa bahan alami di bawah ini hanya mengobati luka ringan, ya. Apabila luka di tubuh Anda parah, segera minta bantuan dokter untuk merawatnya. Dengan begitu, kondisi tubuh tak memburuk dan luka bisa sembuh dengan baik.

Baca Juga: 4 Penyebab biduran ini perlu Anda waspadai, apa saja?

Lidah Buaya

Selain gula darah yang tak terkontrol, jumlah asam urat yang terlalu banyak juga mengakibatkan luka sulit sembuh. Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk memanfaatkan lidah buaya. Antimikroba dalam bahan alami itu pun efektif mencegah infeksi yang lebih serius.

Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan selanjutnya yang bisa Anda pakai sebagai obat luka diabetes agar cepat kering. Alasannya karena tea tree oil memiliki antibakteri dan kandungan lain yang dibutuhkan tubuh supaya luka cepat sembuh.

Anda bisa mengaplikasikan tea tree oil langsung pada luka di tubuh Anda. Jika Anda ingin menutup luka dengan kain kasa atau sejenisnya, jangan lupa untuk mencampur tea tree oil dengan minyak kelapa atau carrier oil lainnya. Anda bisa menggunakan perbandingan 1:1.

Cabai

Obat luka diabetes agar cepat kering selanjutnya adalah cabai. Kandungan yang terdapat dalam bahan alami itu mampu menghentikan pendarahan. Anda hanya perlu mengaplikasikan bubuk cabai pada luka selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air.

Baca Juga: Radang sendi sering kumat? Ini 6 makanan yang efektif meringankan radang sendi

Madu dan Kentang

Madu cocok dijadikan obat luka diabetes agar cepat kering.

Bottom Line Inc merekomendasikan madu sebagai obat luka diabetes selanjutnya yang patut Anda coba. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari menggunakan madu. Pertama, bahan alami tersebut bisa membersihkan cairan dan sel kulit mati yang memperparah luka.

Kedua, madu mampu membentuk pembatas bakteri karena adanya kandungan antibakteri. Selanjutnya, sistem imun tubuh pun menguat karena bahan alami itu. Anda hanya perlu mengoleskan madu di atas luka yang sudah dibersihkan.

Setelah 30 menit, bersihkan sisa madu kemudian aplikasikan kentang. Tutup luka yang dilapisi kentang itu dengan kain kasa selama 30 menit. Enzim yang terkandung dalam kentang mampu memperbaiki jaringan yang rusak sehingga proses penyembuhan lebih cepat.

Selanjutnya: 10 Ciri-ciri gula darah tinggi, Anda wajib waspada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×