CLOSE [X]

Tak hanya benjolan, ini gejala awal kanker payudara lainnya

Sabtu, 11 Desember 2021 | 10:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak hanya benjolan, ini gejala awal kanker payudara lainnya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Munculnya benjolan di sekitar payudara merupakan salah satu gejala awal kanker payudara yang biasanya disadari oleh banyak orang. Akan tetapi, masih banyak kondisi lain yang menunjukkan masalah kesehatan yang sama.

Benjolan yang jadi tanda adanya kanker payudara biasanya tak mudah Anda kenali meski Anda sudah memilikinya dalam jangka waktu yang relatif lama. Selain muncul di sekitar payudara, benjolan juga bisa berada di sekitar ketiak.

Saat benjolan di ketiak terjadi, tandanya sel kanker mulai menyerang kelenjar getah bening di area tubuh tersebut. Pada umumnya, benjolan tidak menimbulkan rasa sakit, tapi Anda tetap merasa tak nyaman akan kemunculannya. Nah, di bawah ini, ada beberapa jenis kanker payudara yang ditandai dengan gejala lain.

Ductal Carnicoma

Jenis kanker payudara pertama yang bisa Anda alami adalah ductal carcinoma. Melansir Web MD (webmd.com), ductal carcinoma adalah jenis kanker payudara yang paling sering terjadi. Selain menimbulkan benjolan, jenis kanker itu juga bisa membuat Anda mengeluarkan darah.

Baca Juga: Apa itu kanker prostat yang diidap oleh SBY? Ini gejala, penyebab, dan komplikasinya

Kanker Payudara Infasif

Ada banyak gejala awal kanker payudara selain benjolan.

Pada kanker payudara infasif, gejala awal knaker payudara selain benjolan adalah bentuk satu payudara berbeda dengan bentuk payudara yang lain. Jenis kanker payudara ini biasanya ditandai pula dengan munculnya ruam yang membuat kulit mengeras dan terlihat seperti kulit jeruk.

Lobular Carcinoma

Lobular carcinoma adalah jenis kanker payudara yang muncul di kelenjar yang memproduksi ASI. Kanker payudara ini adalah jenis kedua yang cukup sering dialami oleh banyak pasien. Gejala awal kanker payudara selain benjolan pada jenis ini adalah puting susu yang justru rata atau masuk.

Baca Juga: 4 Ciri-ciri menopause yang bisa dialami oleh wanita

Kanker Payudara Pada Laki-Laki

Tidak hanya dialami oleh wanita, kanker payudara juga bisa dialami oleh laki-laki. Mengutip Web MD, sebanyak 1% kanker payudara dialami oleh laki-laki. Meski jarang terjadi, bukan berarti Anda bisa mengabaikan gejala kanker payudara yang muncul, ya.

Ada beberapa ciri-ciri kanker yang sebaiknya Anda perhatikan. Mulai dari muncul satu titik tebal di sekitar dada dan ketiak hingga perubahan pada kulit di sekitar dada dan puting susu. Kulit di bagian tubuh itu menjadi kemerahan dan bersisik, bahkan Anda bisa mengeluarkan cairan dari puting susu.

Selanjutnya: 5 Manfaat daun seledri yang sudah terbukti bagi kesehatan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru