kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,19   -7,17   -0.77%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat daun seledri yang sudah terbukti bagi kesehatan tubuh


Kamis, 11 November 2021 / 16:25 WIB
5 Manfaat daun seledri yang sudah terbukti bagi kesehatan tubuh


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID -  Jakarta. Ada banyak manfaat daun seledri atau Apiim graveolens bagi kesehatan. Selama ini, seledri sendiri cukup diolah sebagai sayuran maupun untuk tambahan makanan seperti bakso.

Biasanya, seledri lebih nikmat apabila diiris tipis sebelum ditaburkan ke makanan. Ternyata, manfaat seledri sangat beragam. Semua bagiannya terpakai, dari daun, batang, hingga bijinya.

Nah, berikut ini 5 manfaat daun seledri untuk kesehatan seperti dikutip dari Healtline:

1. Manfaat daun seledri sebagai sumber antioksidan

Manfaat daun seledri yakni sebagai sumber antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melindungi sel, pembuluh darah, dan organ dari kerusakan oksidatif.

Seledri mengandung vitamin C, beta karoten, dan flavonoid. Bahkan setidaknya ada 12 jenis nutrisi antioksidan tambahan yang ditemukan dalam satu tangkai seledri.

Manfaat seledri juga sebagai sumber fitonutrien yang luar biasa, yang telah terbukti mengurangi peradangan di saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ.

Baca Juga: Malas Bergerak, Waspadai Terserang 5 Penyakit Ini

2. Manfaat daun seledri untuk mengurangi peradangan

Peradangan kronis sering dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk radang sendi dan osteoporosis. Seledri dan biji seledri memiliki kurang lebih 25 senyawa anti inflamasi, sehingga manfaat daun seledri dapat memberikan perlindungan terhadap peradangan di dalam tubuh.

3. Manfaat seledri mendukung pencernaan

Manfaat daun seledri ternyata bagus untuk perut.

Polisakarida berbasis pektin dalam seledri, termasuk senyawa yang dikenal sebagai apiuman, telah terbukti mengurangi gejala sakit maag, memperbaiki lapisan lambung, dan memodulasi sekresi lambung.

Seledri mengandung air ditambah serat larut dan tidak larut dalam jumlah banyak. Semua manfaat seledri itu mendukung saluran pencernaan yang sehat dan membuat Anda tetap teratur.

Baca Juga: Bahan alami yang efektif mengontrol dan menurunkan asam urat




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×