4 Ciri-ciri menopause yang bisa dialami oleh wanita

Jumat, 05 November 2021 | 13:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Ciri-ciri menopause yang bisa dialami oleh wanita

ILUSTRASI. Mood atau perasaan yang sering berubah termasuk ciri-ciri menopause.

KONTAN.CO.ID - Menopause adalah salah satu tanda penuaan. Meski demikian, ada beberapa ciri-ciri menopause yang sebaiknya Anda ketahui. Dengan begitu, Anda tidak bingung dengan perubahan yang Anda alami.

Seseorang dikatakan telah mengalami menopause ketika siklus haid berhenti selama lebih dari 12 bulan tanpa hamil atau sakit. Melansir Web MD, menopause terjadi karena jumlah hormon wanita terus berkurang seiring bertambahnya usia.

Setiap wanita mengalami gejala menopause yang berbeda-beda. Anda pun tidak tahu kapan tepatnya menopause berlangsung. Jadi, memerhatikan beberapa kondisi di bawah ini penting untuk Anda lakukan:

Sulit tidur

Ciri-ciri menopause yang pertama adalah ada kemungkinan Anda kesulitan untuk tidur, apalagi di malam hari. meski sudah terlelap pun, Anda menjadi lebih mudah bangun.

Apabila kondisi itu mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Ini 9 makanan sehat bagi orang berusia 50-an

Mudah lupa

Mudah lupa jadi salah satu ciri-ciri menopause.

Web MD menyebutkan, menopause ditandai dengan kebiasaan baru, yaitu Anda menjadi lebih sering lupa akan suatu hal. Kondisi tersebut bisa terasa semakin parah ketika stres yang Anda alami tidak terkontrol.

Siklus menstruasi tidak teratur

Ciri-ciri menopause berikutnya yang hampir dialami oleh semua wanita adalah siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Darah haid yang keluar pun bisa lebih sedikit atau lebih banyak daripada biasanya. Selain itu, lama siklus pun ikut mengalami perubahan.

Namun, siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa disebabkan oleh faktor yang lain, misalnya, pengobatan kemoterapi. Jadi, jangan ragu untuk tetap mengonsultasikan kondisi kesehatan tubuh Anda dengan dokter.

Baca Juga: 6 Langkah mudah untuk deteksi dini kanker payudara

Perasaan sering berubah

Selanjutnya, mood atau perasaan yang sering berubah juga bisa jadi gejala menopause. Gangguan kecemasan atau depresi yang telah Anda alami sebelumnya bisa memperparah perubahan perasaan yang terjadi karena menopause.

Anda perlu berusaha untuk menjaga mood Anda tetap baik. Cobalah untuk melakukan kegiatan relaksasi, seperti yoga, atau mencoba hal baru yang membuat Anda senang.

Apabila memang dibutuhkan, cobalah untuk mengunjungi psikolog supaya kondisi mental Anda tak memburuk.

Lalu, gejala menopause mana yang Anda alami? Supaya kesehatan tubuh Anda terus terjaga, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat, ya. Mulai dari rajin olahraga, hingga mengonsumsi makanan bergizi.

Selanjutnya: Harga IPO Mitratel Kabarnya di Rp 800, Jumlah Saham yang Dijual Akan Ditambah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru