Tak banyak disadari, 4 penyebab batu ginjal ini bisa Anda alami

Jumat, 20 Agustus 2021 | 10:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak banyak disadari, 4 penyebab batu ginjal ini bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada banyak faktor penyebab batu ginjal yang sebaiknya Anda perhatikan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batu ginjal adalah salah satu kondisi yang bisa memperburuk kesehatan tubuh Anda. Maka dari itu, Anda perlu mewaspadai faktor apa saja yang bisa jadi penyebab batu ginjal. Mengetahui penyebabnya juga memudahkan Anda untuk mendapat perawatan yang tepat.

Biasanya, batu ginjal ditandai dengan munculnya sakit perut. Terlebih jika batu ginjal berada di titik-titik yang bisa menyumbat fungsi ginjal. Selain sakit perut, tentu saja masih banyak gejala lain yang dapat Anda alami.

Mulai dari mual, muntah, muncul rasa sakit saat buang air kecil, frekuensi buang air kecil meningkat, urin yang keluar berwarna gelap, demam, dan lain sebagainya. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala itu. Nantinya, dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan gejala dan penyebabnya.

Obesitas

Weill Cornell Medicine Urology (urology.weillcornell.org) menyebutkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas bisa memicu kemunculan batu ginjal. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menerapkan cara menurunkan berat badan. Jika Anda merasa kesulitan, tak ada salahnya untuk meminta tips diet dari dokter.

Baca Juga: 8 Dampak kelebihan garam bagi tubuh

Dehidrasi

Tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi bisa jadi penyebab batu ginjal.

Dehidrasi atau kondisi tubuh kekurangan cairan bisa jadi penyebab batu ginjal, lo. Saat dehidrasi, ada lebih banyak zat pembentuk kristal daripada cairan dalam urin. Hal itulah yang membuat batu ginjal terbentuk. Umumnya, tiap orang membutuhkan delapan gelas air putih per hari.

Infeksi Saluran Kemih

Anda perlu berhati-hati terhadap infeksi saluran kemih karena penyakit itu juga bisa menyebabkan batu ginjal. Jika terus dibiarkan, infeksi akan membentuk batu kemih dalam ukuran yang besar sehingga fungsi ginjal dan saluran kencing yang lain dapat terganggu.

Baca Juga: 4 Hal ini bisa jadi penyebab nyeri perut sebelah kiri

Makanan yang Anda Konsumsi

Tahukah Anda bahwa makanan yang Anda konsumsi berpotensi sebagai penyebab batu ginjal? Salah satu contohnya adalah makanan yang mengandung banyak natrium. Saat mengonsumsi jenis makanan itu dalam jumlah yang berlebihan, jumlah kalsium dalam tubuh pun meningkat.

Seharusnya, mineral, seperti kalsium, yang tak dibutuhkan tubuh perlu dikeluarkan. Ketika ginjal tak mampu menjalankan fungsi tersebut, batu ginjal pun terbentuk. Selain makanan yang memiliki banyak natrium, makanan tinggi protein dan gula juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Selanjutnya: Catat! Ini 8 makanan dan minuman yang harus dihindari penderita batu empedu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru