4 Hal ini bisa jadi penyebab nyeri perut sebelah kiri

Rabu, 07 Juli 2021 | 12:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Hal ini bisa jadi penyebab nyeri perut sebelah kiri

ILUSTRASI. Nyeri perut sebelah kiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nyeri perut sebelah kiri sebaiknya tidak Anda abaikan. Penyebabnya memang bisa jadi faktor ringan, seperti penumpukan gas. Namun, kondisi itu juga bisa disebabkan oleh faktor lain yang lebih serius. Itulah mengapa Anda perlu mewaspadai rasa nyeri yang muncul.

Setiap orang pastinya mengalami rasa sakit yang berbeda-beda. Ada kasus di mana sakit perut hanya terjadi dalam waktu singkat. Akan tetapi, tak sedikit pula kasus di mana rasa sakit berlangsung dalam jangka waktu lama.

Segera periksakan diri ke dokter jika sakit perut terus Anda alami. Apalagi jika dibersamai dengan munculnya gejala lain yang lebih serius. Nantinya, dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan kondisi dan penyebab munculnya sakit perut.

Gas

Seperti yang telah disebutkan, gas bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan sakit perut. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), ada beberapa faktor mengapa gas menumpuk di saluran pencernaan.

Mulai dari kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat meningkatkan produksi gas, mengunyah permen karet, terlalu banyak makan, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami hal itu karena gas bisa keluar sendiri, baik dari rektum atau esofagus.

Baca Juga: Bisa kanker, berikut 5 arti nyeri perut sebelah kanan yang Anda alami

Sembelit

Sembelit juga bisa menyebabkan nyeri perut sebelah kiri, lo. Kurang mengonsumsi makanan bergizi dan jarang olahraga jadi beberapa faktor yang menyebabkan feses sulit dikeluarkan dari saluran pencernaan.

Selain sakit peru, masih banyak gejala sembelit lain yang bisa Anda alami. Misalnya, mengejan terlalu keras saat buang air besar, feses yang keluar memiliki tekstur yang keras, frekuensi buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa termasuk salah satu penyebab nyeri perut sebelah kiri.

Sebagian orang mengalami kesulitan untuk mencerna laktosa, baik yang ada di susu atau produk olahan susu yang lain. Hal itulah yang menyebabkan nyeri perut sebelah kiri. Tidak hanya mengakibatkan sakit perut, intoleransi laktosa juga ditandai dengan diare, perut kembung, mual, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengalami nyeri perut sebelah kiri? Ini 5 penyebabnya

Batu Ginjal

Melansir Medical News Today, sakit perut adalah salah satu tanda adanya batu ginjal. Awalnya, masalah kesehatan itu tak menimbulkan masalah kesehatan apa pun. Namun, saat ukuran batu ginjal membesar, beberapa masalah kesehatan bisa Anda alami.

Tak hanya sakit perut, batu ginjal bisa menyebabkan masalah yang lain. Mulai dari mual, muntah, muncul rasa sakit saat buang air kecil, urin yang keluar bercampur dengan darah, demam, frekuensi buang air kecil meningkat, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Selain stres, ini 6 penyebab nyeri dada sebelah kanan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru