Mengalami nyeri perut sebelah kiri? Ini 5 penyebabnya

Senin, 24 Mei 2021 | 14:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mengalami nyeri perut sebelah kiri? Ini 5 penyebabnya

ILUSTRASI. Ada banyak faktor penyebab nyeri perut sebelah kiri yang perlu Anda perhatikan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir semua orang pernah mengalami sakit perut, tidak terkecuali nyeri perut sebelah kiri. Biasanya, kondisi itu terjadi saat ada masalah di salah satu atau beberapa organ dalam tubuh. Misalnya, pankreas, ginjal, usus kecil, dan lain sebagainya.

Setiap orang bisa mengalami rasa sakit dalam durasi yang berbeda-beda. Ada yang mengalami nyeri dalam waktu singkat. Namun, tidak sedikit pula yang mengalami rasa sakit dalam jangka waktu lama. Rasa sakit juga bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain.

Jadi, Anda perlu mewaspadai rasa sakit yang Anda alami. Supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin parah, ada banyak hal yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah mengetahui penyebabnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dengan cepat.

Radang Pankreas

Pankreas yang mengalami peradangan atau pertumbuhan sel kanker di organ itu bisa jadi salah satu penyebab nyeri perut sebelah kiri. Mengutip dari Health Grades (healthgrades.com), masalah kesehatan itu biasanya dibarengi dengan rasa mual, muntah, demam, dan rasa sakit yang menjalar ke punggung.

Baca Juga: 4 Penyebab sakit pinggang sebelah kiri, ada yang Anda alami?

Sakit Ginjal

Sakit ginjal juga bisa ditandai dengan sakit perut, lo. Ada banyak jenis sakit ginjal yang bisa Anda alami, misalnya batu ginjal, infeksi, atau infeksi saluran kemih. Selain sakit perut, ginjal yang bermasalah juga ditandai dengan gejala lain. Mulai dari sering buang air kecil, mengeluarkan kencing berbusa, dan lain-lain.

Serangan Jantung

Masalah pada jantung bisa jadi salah satu faktor penyebab nyeri perut sebelah kiri.

Tahukah Anda bahwa serangan jantung bisa jadi salah satu penyebab nyeri perut sebelah kiri? Umumnya, serangan jantung juga ditandai dengan nyeri dada, sesak napas, batuk, dan peningkatan produksi keringat.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 4 tanda penyakit jantung tanpa gejala yang wajib diwaspadai

Asam Lambung

Jumlah asam lambung yang tidak terkontrol dapat menimbulkan rasa sakit di bagian perut. Saat tak terlalu parah, masalah itu hanya menimbulkan rasa mual dan muntah. Namun, jika kondisinya semakin parah, Anda juga bisa muntah atau buang air besar yang bercampur darah.

Radang Usus Kecil

Faktor lain yang dapat menyebabkan sakit perut adalah radang usus kecil. Tak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman di bagian perut, radang usus buntu juga menyebabkan masalah lain. Mulai dari nafsu makan turun, perut kembung, feses yang keluar bercampur lendir, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Inilah 16 macam penyebab sakit dada sebelah kanan, bisa kanker, jantung dll

Editor: Belladina Biananda
Terbaru