Hati-hati! Ini 4 tanda penyakit jantung tanpa gejala yang wajib diwaspadai

Sabtu, 27 Maret 2021 | 09:10 WIB Sumber: Kompas.com
Hati-hati! Ini 4 tanda penyakit jantung tanpa gejala yang wajib diwaspadai

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang salah mengira, penyakit jantung kerap menimbulkan gejala nyeri dada hebat sampai membuat penderitanya tersungkur. Padahal, sebagian di antaranya merupakan penyakit jantung tanpa gejala. 

Dalam dunia kesehatan, penyakit jantung yang tiba-tiba menyerang tanpa “aba-aba” jelas ini dikenal dengan silent myocardial infarction. 

Melansir Harvard Health Publishing, penyakit jantung tanpa gejala ini umumnya berupa serangan jantung yang sangat ringan dan berlangsung singkat. Saking tidak terasanya, sebagian penderita mengabaikannya lantaran menganggap penyakit ini tidak serius. 

Penyakit jantung tanpa gejala banyak dialami pria. Mereka baru mengetahui terkena penyakit ini setelah pemeriksaan kesehatan menunjukkan ada bekas luka miokard pertanda serangan jantung. 

Baca Juga: Cegah serangan asam urat, yuk lakukan 5 gaya hidup sehat ini

Selain pria, penyakit jantung tanpa gejala rentan menyerang perokok, orang dengan berat badan berlebih, kurang olahraga, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. 

Seperti serangan jantung pada umumnya, penyakit jantung tanpa gejala juga rentan berbahaya karena bisa meningkatkan risiko serangan jantung kedua yang berdampak fatal. Kendati memiliki embel-embel tanpa gejala, tapi sebenarnya masalah kesehatan ini bisa dikenali dari perubahan fisik penderitanya. 

Baca Juga: 6 Khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh Anda

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru