kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 6 Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi


Minggu, 04 Juni 2023 / 16:15 WIB
Simak 6 Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi


Penulis: Ryan Suherlan

6 Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan - Manfaat sawi hijau untuk kesehatan tubuh bisa Anda dapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya itu, manfaat sawi hijau juga terbukti secara klinis sehingga tidak perlu diragukan lagi.

Banyaknya manfaat sawi hijau untuk kesehatan itu dikarenakan sayuran tersebut menyimpan banyak nutrisi di dalamnya.

Kandungan nutrisi dalam sawi hijau di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, seng, vitamin C dan berbagai nutrisi lainnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Selain itu, sawi hijau juga memiliki rasa yang enak. Sehingga tak jarang sawi hijau termasuk sayuran yang sering dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Lantas apa saja manfaat sawi hijau untuk kesehatan?

Melansir dari Stylecraze, berikut beberapa manfaat sawi hijau untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat sawi hijau untuk kesehatan di antaranya mampu meningkatkan kesehatan tulang. Hal tersebut dikarenakan sawi hijau mengandung vitamin K dan kalsium yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, mengkonsumsi sawi hijau juga mampu mengurangi risiko tulang keropos dan penyakit osteoporosis.

Baca Juga: 7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh yang Bisa Didapatkan, Catat Ya!

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sawi hijau selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, sawi hijau adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin C.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Agricultural University of Cracow (Polandia) menemukan bahwa seringnya konsumsi sawi hijau membantu merangsang sistem kekebalan tubuh, mencegah stres oksidatif, dan menginduksi enzim detoksifikasi. 

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain itu, mengkonsumsi sawi hijau juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, sawi hijau mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan berbagai gejala penyakit jantung lainnya.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Baik Untuk Kesehatan Mata

Sawi hijau juga  mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan penglihatan. Selain itu, sawi hijau  juga mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin yang membantu membentuk pigmen makula di mata. 

Karotenoid diet ini juga mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD), katarak, dan ablasi retina. Lutein adalah xantofil dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi dalam sawi hijau yang membantu dalam pencegahan AMD.

Baca Juga: Kenali 6 Nutrisi Buah Blewah yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

5. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat sawi hijau untuk kesehatan satu ini sangat penting untuk diketahui yaitu mampu mengurangi risiko dan melawan kanker.

Kehadiran fitokimia seperti senyawa fenolik, karotenoid, dan glukosinolat dalam sawi hijau menawarkan perlindungan dari banyak penyakit kronis seperti kanker. 

Dilansir dari Stylecraze, sebuah studi yang dilakukan oleh West Virginia University menemukan bahwa sawi mengandung fitonutrien dan glukosinolat dengan sifat antioksidan dan anti kanker.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Nasional Chungbuk menemukan bahwa ekstrak daun sawi hijau menunjukkan potensi melawan kanker usus besar dan paru-paru.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

6. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat sawi hijau yang tak boleh terlewatkan yaitu mampu juga menjaga kesehatan hati. Pasalnya, sawi hijau mengandung metanol yang berperan aktif menjaga dan mendukung fungsi hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×