kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,91   8,27   0.89%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tengok 6 Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis


Rabu, 22 Februari 2023 / 12:02 WIB
Tengok 6 Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis
ILUSTRASI. Manfaat sawi hijau untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat sawi hijau untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian. Selain itu, manfaat sawi hijau untuk kesehatan tubuh juga teruji secara klinis.

Banyaknya manfaat sawi hijau untuk kesehatan itu dikarenakan sayuran tersebut menyimpan banyak nutrisi di dalamnya.

Kandungan nutrisi dalam sawi hijau di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, seng, vitamin C dan berbagai nutrisi lainnya.

Baca Juga: 5 Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi Alami yang Mudah Didapatkan, Wajib Tahu!

Selain itu, sawi hijau juga memiliki rasa yang enak. Sehingga tak jarang sawi hijau termasuk sayuran yang sering dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Lantas apa saja manfaat sawi hijau untuk kesehatan?

Melansir dari Stylecraze, berikut beberapa manfaat sawi hijau untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat sawi hijau untuk kesehatan di antaranya mampu meningkatkan kesehatan tulang. Hal tersebut dikarenakan sawi hijau mengandung vitamin K dan kalsium yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, mengkonsumsi sawi hijau juga mampu mengurangi risiko tulang keropos dan penyakit osteoporosis.

Baca Juga: 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit yang Teruji Klinis, Penasaran?

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sawi hijau selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, sawi hijau adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin C.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Agricultural University of Cracow (Polandia) menemukan bahwa seringnya konsumsi sawi hijau membantu merangsang sistem kekebalan tubuh, mencegah stres oksidatif, dan menginduksi enzim detoksifikasi. 

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain itu, mengkonsumsi sawi hijau juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, sawi hijau mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan berbagai gejala penyakit jantung lainnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Cek Ya!

4. Baik Untuk Kesehatan Mata

Sawi hijau juga  mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan penglihatan. Selain itu, sawi hijau  juga mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin yang membantu membentuk pigmen makula di mata. 

Karotenoid diet ini juga mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD), katarak, dan ablasi retina. Lutein adalah xantofil dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi dalam sawi hijau yang membantu dalam pencegahan AMD.

Baca Juga: Cek Yuk 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian

5. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat sawi hijau untuk kesehatan satu ini sangat penting untuk diketahui yaitu mampu mengurangi risiko dan melawan kanker.

Kehadiran fitokimia seperti senyawa fenolik, karotenoid, dan glukosinolat dalam sawi hijau menawarkan perlindungan dari banyak penyakit kronis seperti kanker. 

Dilansir dari Stylecraze, sebuah studi yang dilakukan oleh West Virginia University menemukan bahwa sawi mengandung fitonutrien dan glukosinolat dengan sifat antioksidan dan anti kanker.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Nasional Chungbuk menemukan bahwa ekstrak daun sawi hijau menunjukkan potensi melawan kanker usus besar dan paru-paru.

Baca Juga: 6 Makanan Untuk Diet Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Yuk Catat!

6. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat sawi hijau yang tak boleh terlewatkan yaitu mampu juga menjaga kesehatan hati. Pasalnya, sawi hijau mengandung metanol yang berperan aktif menjaga dan mendukung fungsi hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×