kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek Yuk 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian


Rabu, 22 Februari 2023 / 09:40 WIB
Cek Yuk 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian. Selain itu, manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh juga teruji secara klinis.

Ketubar adalah salah satu jenis rempah yang kerpa digunakan sebagai bahan masakan yang cukup populer di Indonesia.

Bahkan, Ketumbar tidak hanya dapat digunakan untuk menambahkan rasa atau aroma pada masakan saja, ternyata ketumbar juga dapat dikonsumsi untuk meredakan beberapa gejala dan gangguan kesehatan.

Baca Juga: 6 Makanan Untuk Diet Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Yuk Catat!

Manfaat yang didapatkan dari ketumbar tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Contohnya, seperti fosfor, kalsium, magnesium, kalium natrium, vitamin A, B, C, dan K. Sebagai anggota keluarga tanaman Apiaceae, ketumbar memiliki banyak kegunaan baik daun maunpun bijinya.

Lalu apa saja manfaat ketumbar untuk kesehatan? 

Melansir dari Health Shots, berikut manfaat ketumbar untuk kesehatan yang perlu diketahui, yaitu: 

1. Mengontrol Kadar Gula Darah 

Salah satu manfaat ketumbar yang perlu Anda ketahui dan tidak boleh dilewatkan yaitu dapat mengontrol kadar gula darah. 

Jika Anda berisiko terkena diabetes, memasukkan ketumbar ke dalam diet Anda dapat menjaga kadar gula Anda tetap terkendali. 

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Catat Ya!

2. Melancarkan Pencernaan

Ketumbar mengandung banyak serat dan antioksidan. Hal tersebut bermanfaat untuk meningkatkan proses pencernaan, metabolisme, mengatasi kembung dan sembelit. Selain itu, ketumbar juga membuat perut terasa kenyang dan mencegah makan berlebihan sehingga usus Anda tetap sehat.

3. Mengelola Stres

Ketumbar juga efektif untuk menurunkan tingkat stres Anda loh. Ketumbar memudahkan pencernaan dan menurunkan stres fisik dalam tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan mood dengan menjaga sistem pencernaan tetap bersih, sehat, dan mengurangi stres oksidatif.

Baca Juga: Mampu Meredakan Demam, Ini 6 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ketumbar juga baik untuk kesehatan jantung. Dilansir dari Health Shots dijelaskan bahwa ketumbar dianggap diuretik, dan mengeluarkan natrium ekstra dari sistem dengan menurunkan tekanan darah. Selain itu, juga kaya akan antioksidan dan serat sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga kadar kolesterol.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang dikatakan Ketumbar mengandung antioksidan. Contohnya, terpinene, quercetin, dan tokoferol yang melawan kerusakan sel dan memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda. Menurut penelitian, antioksidan ini mengurangi peradangan dan memiliki efek anti kanker dan neuroprotektif.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Secara Klinis

6. Baik Untuk Kesehatan Mata

Ketumbar mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, dan karotenoid yang menjaga penglihatan Anda tetap utuh dan menunda gangguan degeneratif makula terkait usia penglihatan.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat ketumbar yang juga tak boleh dilewatkan yaitu mampu meningkatkan kesehatan tulang. Pasalnya, ketumbar memiliki mineral seperti kalsium, fosfor dan magnesium yang dapst meningkatkan kepadatan tulang dan melindungi Anda dsri nyeri sendi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×