kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis


Rabu, 08 Februari 2023 / 08:25 WIB
Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis
ILUSTRASI. Manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian. Selain itu, beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh juga teruji secara klinis.

Ketumbar mengadung beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh loh. Ketumbar tidak hanya dapat digunakan untuk menambahkan rasa atau aroma pada masakan saja, ternyata ketumbar juga dapat dikonsumsi untuk meredakan beberapa gejala dan gangguan kesehatan.

Manfaat yang didapatkan dari ketumbar tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Contohnya, seperti fosfor, kalsium, magnesium, kalium natrium, vitamin A, B, C, dan K. Sebagai anggota keluarga tanaman Apiaceae, ketumbar memiliki banyak kegunaan baik daun maunpun bijinya.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya

Lalu apa saja manfaat ketumbar untuk kesehatan? 

Melansir dari Health Shots, berikut manfaat ketumbar untuk kesehatan yang perlu diketahui, yaitu: 

1. Mengontrol Kadar Gula Darah 

Salah satu manfaat ketumbar yang perlu Anda ketahui dan tidak boleh dilewatkan yaitu dapat mengontrol kadar gula darah. 

Jika Anda berisiko terkena diabetes, memasukkan ketumbar ke dalam diet Anda dapat menjaga kadar gula Anda tetap terkendali.

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Hijau yang Teruji Klinis, Intip Yuk!

2. Melancarkan Pencernaan

Ketumbar mengandung banyak serat dan antioksidan. Hal tersebut bermanfaat untuk meningkatkan proses pencernaan, metabolisme, mengatasi kembung dan sembelit. Selain itu, ketumbar juga membuat perut terasa kenyang dan mencegah makan berlebihan sehingga usus Anda tetap sehat.

3. Mengelola Stres

Ketumbar juga efektif untuk menurunkan tingkat stres Anda loh. Ketumbar memudahkan pencernaan dan menurunkan stres fisik dalam tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan mood dengan menjaga sistem pencernaan tetap bersih, sehat, dan mengurangi stres oksidatif.

Baca Juga: 8 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ya!

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ketumbar juga baik untuk kesehatan jantung. Dilansir dari Health Shots dijelaskan bahwa ketumbar dianggap diuretik, dan mengeluarkan natrium ekstra dari sistem dengan menurunkan tekanan darah. Selain itu, juga kaya akan antioksidan dan serat sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga kadar kolesterol.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang dikatakan Ketumbar mengandung antioksidan. Contohnya, terpinene, quercetin, dan tokoferol yang melawan kerusakan sel dan memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda. Menurut penelitian, antioksidan ini mengurangi peradangan dan memiliki efek anti kanker dan neuroprotektif.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan, Punya Banyak Khasiat!

6. Baik Untuk Kesehatan Mata

Ketumbar mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, dan karotenoid yang menjaga penglihatan Anda tetap utuh dan menunda gangguan degeneratif makula terkait usia penglihatan.

Baca Juga: Catat Ya! 6 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat ketumbar yang juga tak boleh dilewatkan yaitu mampu meningkatkan kesehatan tulang. Pasalnya, ketumbar memiliki mineral seperti kalsium, fosfor dan magnesium yang dapst meningkatkan kepadatan tulang dan melindungi Anda dsri nyeri sendi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×