kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Sawi Hijau yang Jarang Diketahui


Selasa, 09 Mei 2023 / 15:39 WIB
8 Manfaat Sawi Hijau yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat sawi hijau juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak sekali manfaat sawi hijau untuk kesehatan yang jarang diketahui. Sawi adalah sayuran dengan nama latin Brassica juncea. Genus ini juga termasuk kangkung, sawi, brokoli, dan kembang kol.

Sebenarnya ada beragam jenis sawi yang banyak dibudidayakan. Selain sawi hijau, dikenal pula sawi coklat, sawi India, dan sawi Cina.

Pada verietas sawi hijau, biasanya memiliki rasa pahit. Agar lebih enak, sayuran hijau ini biasanya dinikmati dengan cara direbus, dikukus, ditumis, atau bahkan diasamkan.

Lantas, apa saja manfaat sawi hijau untuk kesehatan?

Baca Juga: Apa Saja Khasiat Buah Pala untuk Tubuh? Salah Satunya Bisa Obati Insomnia

Manfaat sawi hijau

Khasiat sawi hijau sangat baik untuk kesehatan. Selain vitamin, kandungan sawi hijau yakni berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Khasiat sawi hijau sangat baik untuk kesehatan. Selain vitamin, kandungan sawi hijau yakni berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Berikut ini sederet manfaat sawi hijau sebagaimana dikutip dari Healthline:

1. Kaya nutrisi

Sawi adalah salah satu makanan paling bergizi karena rendah kalori namun kaya serat dan mikronutrien. Dalam setiap 56 gram sawi mentah cincang menyediakan:

  • Kalori: 15
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 3 gram
  • Serat: 2 gram
  • Gula: 1 gram
  • Vitamin A: 9% dari kebutuhan harian (DV)
  • Vitamin B6 (piridoksin): 6% dari DV
  • Vitamin C: 44% dari DV
  • Vitamin E: 8% dari DV
  • Vitamin K: 120% dari DV
  • Tembaga: 10% dari DV

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

Selain itu, manfaat sawi hijau mengandung 4–5% kebutuhan harian untuk kalsium, zat besi, kalium, riboflavin (vitamin B2), magnesium, dan tiamin (vitamin B1). Serta sejumlah kecil seng, selenium, fosfor, niasin (vitamin B3), dan folat (4).

Acar sawi, sering disebut sebagai takana dalam masakan Jepang dan Cina, memiliki kalori, karbohidrat, dan serat yang serupa dengan sawi mentah. Tapi sayuran ini kehilangan beberapa nutrisi selama pengawetan, terutama vitamin C.

Namun, satu penelitian menemukan bahwa mengawetkan sawi adalah metode yang efektif untuk mempertahankan senyawa tanaman yang penting, terutama sifat antioksidan.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

2. Kaya akan antioksidan penangkal penyakit

Manfaat sawi juga kaya akan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Antioksidan adalah senyawa alami yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh kelebihan radikal bebas.

Baca Juga: 5 Obat Asam Lambung Alami yang Ampuh dan Mudah Dicari, Catat Ya!

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa seiring waktu, kerusakan ini dapat menyebabkan kondisi kronis yang serius, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

Kandungan antioksidan sawi hijau yang paling penting adalah flavonoid, beta karoten, lutein, dan vitamin C dan E.

Baca Juga: 6 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Apa Saja?

3. Sumber vitamin K yang sangat baik

Khasiat sawi hijau salah satunya adalah sumber vitamin K yang tinggi, yakni mencapai 120% dari kebutuhan harian untuk setiap 56 gramnya.

Vitamin K terkenal karena peran vitalnya dalam membantu pembekuan darah. Vitamin K terbukti penting untuk kesehatan jantung dan tulang.

Baca Juga: 6 Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Yuk!

Selain itu, manfaat vitamin K juga bisa menjaga kesehatan jantung dan mencegah osteoporosis. Osteoporosis adalah berkurangnya kekuatan tulang yang menyebabkan risiko patah tulang.

Studi terbaru juga menunjukkan adanya hubungan antara kekurangan vitamin K dan kesehatan otak.

Asupan vitamin K yang tidak memadai dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan fungsi otak, demensia, dan penyakit Alzheimer. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal tersebut.

Baca Juga: Resep Masakan Nusantara Mie Gomak yang Bertekstur Tebal, Asli dari Danau Toba

Manfaat sawi hijau juga baik untuk sistem kekebalan tubuh.

4. Bisa meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat sawi hijau juga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Satu mangkuk sawi hijau berukuran 56 gram mentah atau 140 gram dimasak menyediakan lebih dari sepertiga kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa tidak mendapatkan cukup asupan vitamin C membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan lebih rentan sakit.

Selain itu, sawi hijau juga mengandung vitamin A yang mendukung kekebalan tubuh. Hal ini dilakukan dengan mendistribusi sel T, yang merupakan jenis sel darah putih yang dibutuhkan untuk membantu melawan potensi infeksi.

Baca Juga: Unik! In 5 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

5. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Manfaat sayur sawi hijau juga baik untuk kesehatan jantung. Sayuran ini sarat dengan antioksidan seperti flavonoid dan beta karoten yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Sebuah studi menemukan bahwa asupan sayuran berdaun hijau yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 15% secara signifikan.

Baca Juga: Catat 6 Makanan Penurun Diabetes yang Bisa Dijadikan Alternatif

6. Manfaat sawi hijau untuk menurunkan kolesterol

Manfaat sawi hijau juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan sawi hijau salah satunya yaitu senyawa yang membantu mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan.

Ini penting, karena mencegah reabsorpsi asam empedu menyebabkan penurunan kadar kolesterol. Menurut sebuah penelitian tabung reaksi, mengukus sawi secara signifikan meningkatkan efek pengikatan asam empedu.

Hal ini menunjukkan bahwa sawi kukus mungkin memiliki potensi penurun kolesterol yang lebih besar, dibandingkan dengan memakannya mentah.

Baca Juga: Resep Praktis Mie Godog Terasi Khas Jawa, Kuahnya Kental dan Gurih Sedap

7. Bermanfaat untuk kesehatan mata

Manfaat sawi hijau juga bagus untuk menjaga kesehatan mata. Salah satu kandungan sawi hijau adalah lutein dan zeaxanthin, yang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan mata.

Secara khusus, kedua senyawa ini membantu melindungi retina mata dari kerusakan oksidatif, serta menyaring cahaya biru yang berpotensi berbahaya bagi mata.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya lutein dan zeaxanthin dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia, yang merupakan penyebab utama kebutaan di seluruh dunia.

Baca Juga: Yuk Simak 5 Manfaat Labu Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

8. Efek anti-kanker

Manfaat sawi hijau juga memiliki efek anti-kanker karena mengandung glukosinolat. Dalam penelitian tabung reaksi, glukosinolat telah terbukti membantu melindungi sel dari kerusakan DNA dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Namun, manfaat sayur sawi hijau tersebut belum diteliti pada manusia. Kesimpulannya, kandungan sawi hijau sangat beragam mulai dari vitamin dan berbagai macam mineral.

Adanya sejumlah manfaat sawi hijau sebanyak itu, membuat sayuran ini sebaiknya ada dalam menu harian Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×