kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45998,34   4,74   0.48%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain Kurma, Ini Buah-Buahan yang Baik Dimakan saat Berbuka Puasa


Kamis, 23 Maret 2023 / 15:20 WIB
Selain Kurma, Ini Buah-Buahan yang Baik Dimakan saat Berbuka Puasa
ILUSTRASI. Selain Kurma, Ini Buah-Buahan yang Baik Dimakan saat Berbuka Puasa.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Tahukah Anda bahwa meskipun berpuasa, gizi harian tetap harus terpenuhi? Salah satunya dengan menyantap makanan bernutrisi saat berbuka puasa.

Bersumber dari situs Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Pemenuhan zat gizi pada saat berbuka puasa adalah 30 persen untuk makan utama.

Selanjutnya adalah 10 pesen untuk takjil, 15 pesen untuk selingan setelah tarawih, 30 persen untuk makan utama pada saat sahur dan 15 persen untuk selingan sebelum imsak.

Masalah gizi yang sering muncul pada saat puasa adalah anemia dan gizi kurang. Jika dibiarkan maka bisa berdampak buruk pada saat bulan Ramadan, sehingga seseorang tidak bisa memanfaatkan momen Ramadan dengan maksimal.

Baca Juga: Menu Makanan Berbuka Puasa Penderita Asam Urat, Waspadai Akibat Asam Urat Tinggi

Asupan vitamin dan mineral juga sangat penting selain asupan energi, selain itu, protein dan lemak yang memenuhi syarat juga sangat dibutuhkan. Buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin (vitamin A,B1, B6, C) dan mineral serta serat pangan.

Ahli Gizi UM Surabaya, Tri Kurniawati menyebut, vitamin dan mineral berperan dalam memelihara fungsi optimal proses metabolisme, memberi perlindungan terhadap proses oksidatif yang dapat menimbulkan radikal bebas.

“Asupan sumber bahan makanan yang penting pada saat berbuka dan memenuhi kebutuhan tubuh adalah asupan buah-buahan”ujar Tri, dikutip dari situs UM Surabaya.

Buah-buahan untuk berbuka puasa

Tri membagikan beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi pada saat berbuka puasa Ramadan. 

Menurutnya, salah satu buah yang baik dikonsumsi saat berbuka adalah buah yang memiliki rasa manis, dalam hal ini adalah buah kurma.

Kurma atau madu adalah beberapa jenis makanan pembuka yang direkomendasikan.

Buah kurma asli mengandung 70 persen gula yang bersifat alami (sukrosa dan fruktosa), mudah diserap tubuh dan cepat menghasilkan energi sehingga bermanfaat untuk menormalkan kadar gula darah yang menurun saat puasa.

Baca Juga: Jadwal sholat, buka puasa, & imsakiyah Ramadhan Jakarta, Hari 1 Buka Puasa Jam 18.05

“Kurma juga kaya akan kalsium, zat besi, vitamin K, asam folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, antosianin dan serat pangan,”jelas Tri lagi.

Tri juga menghimbau untuk menghindari buah yag mengandung gas seperti buah nangka dan durian. 

Buah yang mengandung gas tinggi dapat menyebabkan kembung dan perut terasa penuh, sehingga akan mengurangi asupan bahan makanan lainnya.

Terakhir, ia menghimbau agar mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air.

Buah-buahan yang tinggi kadar airnya dapat mengatasi kekurangan cairan,v itamin dan mineral saat berbuka. Buah dengan kadar air tinggi adalah semangka, jeruk, nanas, blewah dan sejenisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×