CLOSE [X]

Seberapa lama virus corona bisa bertahan di permukaan? Ini jawabannya

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Seberapa lama virus corona bisa bertahan di permukaan? Ini jawabannya

ILUSTRASI. Virus corona bertahan di permukaan benda selama sembilan hari.


KONTAN.CO.ID - Virus corona bisa menginfeksi Anda melalui mata, hidung, atau mulut. Maka dari itu, Anda perlu menjaga jarak dengan orang lain. Dikhawatirkan, lawan bicara Anda positif Covid-19 sehingga Anda cukup berisiko untuk tertular.

Anda juga disarankan untuk selalu memakai masker dan menjaga kebersihan tangan, baik memakai sabun dan air mengalir ataupun hand sanitizer. Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah seberapa lama virus corona bisa bertahan di permukaan?

Mengutip dari Only My Health, virus corona bisa bertahan di atas permukaan benda mati selama sembilan hari. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan permukaan benda-benda, misalnya, memakai disinfektan.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Hospital Infections menunjukkan, virus corona bisa tidak aktif dalam waktu satu menit setelah Anda membersihkannya dengan disinfektan.

Hasil penelitian itu didapat dari menganalisis 22 penelitian terkait virus corona yang sudah pernah dipublikasikan.

Baca Juga: Kosmemask, masker lokal yang punya teknologi nano silver & stopper dapat rekor MURI

Baca Juga: Ini 4 cara mencegah penularan Covid-19 di musim hujan

Melansir Only My Health, meski hasil penelitian terbut sudah ditemukan, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikannya. Jadi, Anda tidak boleh lengah untuk melakukan pencegahan Covid-19.

Tidak hanya wajib menerapkan protokol kesehatan, Anda juga perlu segera mendapat suntikan vaksin Covid-19. Vaksin memang tidak membuat tubuh Anda kebal dari infeksi penyakit tersebut. Namun, vaksin bisa membantu tubuh Anda untuk melawan virus corona.

Ketika terinfeksi pun, gejala Covid-19 yang Anda alami tak terlalu parah. Begitu pula dengan risiko kematian atau kebutuhan perawatan rumahsakit.

Supaya lebih meyakinkan, Anda bisa membicarakan keraguan Anda dengan dokter. Jika Anda tidak memiliki halangan, misalnya, kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya jangan tunda jadwal vaksinasi.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu menjaga sistem imun tubuh supaya tetap kuat. Contohnya, mengonsumsi makanan bergizi, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: 11 Cara pencegahan agar tidak tertular Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru