11 Cara pencegahan agar tidak tertular Covid-19

Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:32 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
11 Cara pencegahan agar tidak tertular Covid-19

ILUSTRASI. Ilustrasi memakai masker sebagai upaya pencegahan Covid-19. REUTERS/Aly Song

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Peningkatan jumlah kasus virus corona atau Covid-19 di Indonesia masih melandai. Hingga Kamis (14/10/2021), jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia mencapai 19.852 kasus. 

Sementara, kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 4.232.099. Jumlah tersebut setelah terjadi penambahan sebanyak 1.053 kasus baru dalam 24 jam terakhir. 

Meski demikian, masyarakat tetap harus menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 3M yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak. 

Selain itu, ada beberapa cara pencegahan agar tidak tertular Covid-19 yang perlu diketahui dan dilakukan oleh masyarakat. 

Baca Juga: Ini 4 cara mencegah penularan Covid-19 di musim hujan

Cara pencegahan agar tidak tertular Covid-19

Dirangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan, berikut adalah beberapa cara pencegahan agar tidak tertular virus corona:

1. Menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas / kekebalan tubuh meningkat.

2. Mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alkohol. Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.

3. Lalu, cara pencegahan Covid-19 yakni jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain. Jika anda terlalu dekat, anda dapat menghirup droplet dari orang yang mungkin menderita Covid-19.

4. Ketika batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan dengan telapak tangan).

Baca Juga: Cek, ini 6 kesalahan yang sering dilakukan dalam menerapkan protokol kesehatan

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru