Tips Sehat

Sarapan pisang tanpa khawatir gula darah gampang naik turun

Senin, 27 Juli 2020 | 23:54 WIB Sumber: Kompas.com
Sarapan pisang tanpa khawatir gula darah gampang naik turun

ILUSTRASI. A street vendor wearing a face mask is pictured as the spread of the?coronavirus?disease (COVID-19) continues, in Abidjan, Ivory Coast April 22, 2020. REUTERS/Luc Gnago TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat terburu-buru beraktivitas di pagi hari, beberapa orang hanya sarapan pisang dan minum air putih. Buah bertekstur lembut dan punya cita rasa manis ini memang cukup praktis untuk mengisi perut.

Selain itu, banyak orang mengandalkan buah ini sebagai menu sarapan simpel karena manfaat pisang bagi kesehatan cukup beragam.

Melansir Live Science, pisang mengandung vitamin C, B6, mineral magnesium, serta kalium atau potasium.

Selain itu, pisang juga kaya akan antikosidan, tembaga, mangan, dan zat gizi lainnya. Dengan beragam nutrisinya, apakah cukup sarapan pisang saja di pagi hari?

Sarapan pisang di pagi hari

Melansir MSN, ahli gizi sekaligus diet berbasis di AS, Dr. Daryl Gioffre mengatakan, pisang memang memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan. Namun, kadar gula pisang, terutama yang buahnya sudah matang, cukup tinggi.

Baca Juga: 4 obat asam lambung naik yang mujarab dan wajib Anda coba

"Pisang bisa memberikan pasokan energi dengan cepat. Tapi efeknya hanya sementara. Setelah itu, tubuh masih lapar dan ingin mengemil," jelas dia.

Selain jadi rentan mengemil, sarapan asal-asalan tanpa gizi seimbang juga rentan membuat makan siang dan makan malam jadi berlebihan. 

Bagaimana baiknya?

Kendati makan pisang saat perut kosong di pagi hari rentan bikin cepat lapar dan ingin mengemil, bukan berarti Anda tak boleh sarapan pisang.

Melansir Medical News Today, makan pisang bersama dengan sumber protein atau lemak sehat agar kebutuhan gizi seimbang tetap terpenuhi.

Anda bisa makan buah pisang bersama kacang-kacangan atau biji-bijian. Salah satunya dengan kacang almond, sereal atau oatmeal agar awet kenyang lebih lama.

Sebagai tambahan protein, Anda bisa melengkapinya dengan yoghurt tawar karena pisang sudah mengandung gula alami. Selain itu, pertimbangkan untuk memiliki jenis pisang yang belum terlalu matang.

Pisang yang belum terlalu matang memiliki kadar glikemik indeks yang lebih rendah ketimbang pisang matang.

Dengan begitu, Anda bisa sarapan pisang tanpa khawatir gula darah gampang naik turun dengan cepat dan tubuh jadi gampang lemas atau lapar. (Mahardini Nur Afifah)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sarapan Pisang di Pagi Hari, Bagaimana Baiknya?",

 

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Yudho Winarto


Terbaru