Kesehatan Umum

4 obat asam lambung naik yang mujarab dan wajib Anda coba

Senin, 27 Juli 2020 | 12:31 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 obat asam lambung naik yang mujarab dan wajib Anda coba

ILUSTRASI. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda pakai sebagai obat asam lambung naik.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pernah mendengar penyakit GERD atau gastroesophageal reflux disease? Ini adalah penyakit saat sfingter atawa katup bawah kerongkongan melemah, sehingga makanan dan asam lambung naik kembali menuju kerongkongan.

Tapi tenang. Mengutip Fisher Titus, ada beberapa obat asam lambung naik yang terbukti mujarab dan bisa Anda peroleh dari bahan alami atau ada di sekitar. Nah, berikut baha-bahan untuk obat asam lambung naik: 

Baking soda

Satu sendok teh baking soda bisa Anda pakai untuk menetralisasi asam lambung yang naik sehingga tidak akan merasakan sensasi terbakar di dada. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan 8 ons air.

Baca Juga: Catat! Inilah cara menghilangkan mata panda secara alami

Anda bisa mengonsumsi campuran tersebut tapi tidak lebih dari 7 kali dalam satu hari. Jangan pula mengonsumsinya selama lebih dari seminggu karena kandungan garam di dalamnya bisa memberikan efek samping, seperti mual.

Permen karet

Melansir Fisher Titus, Journal of Dental Research menyebutkan, mengunyah permen karet selama 30 menit juga bisa Anda jadikan obat asam lambung naik. Kelenjar ludah akan terstimulasi sehingga produksi air liur akan meningkat untuk menghilangkan jenis asam yang Anda rasakan.

Buah

Buah yang bisa Anda konsumsi sebagai obat asam lambung naik adalah pisang. Kandungan antacid dalam pisang bisa Anda pakai untuk melawan asam lambung. Anda bisa mengonsumsi pisang setiap hari untuk mengurangi asam lambung naik.

Baca Juga: Ampuh! Inilah cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit

Tak hanya pisang, apel juga bisa Anda gunakan untuk obat asam lambung naik. Untuk mencegah rasa tidak nyaman akibat asam lambung di malam hari, Anda bisa mengonsumsi apel beberapa jam sebelum tidur.

Teh

Teh jahe dan teh kamomil bisa Anda jadikan obat asam lambung naik. Teh jahe cocok untuk mengobati berbagai macam penyakit perut, mulai mual hingga asam lambung.

Caranya, rebus jahe dalam air selama 30 menit lalu campurkan dengan teh. Minum teh jahe sebelum makan agar manfaatnya semakin terasa.

Teh kamomil bisa Anda konsumsi untuk menyeimbangkan kandungan asam dalam perut. Selain menggunakan teh kamomil yang dijual di pasaran, Anda juga bisa membuat teh kamomil sendiri, lo.

Baca Juga: Daun salam ampuh meredakan asam urat, begini cara konsumsinya

Rebuslah kelopak bunga kamomil dalam air. Setelah itu, saring dan tambahkan madu atau air lemon sesuai dengan keinginan. Minumlah teh kamomil 30 menit hingga satu jam sebelum tidur.

Selain mengonsumsi obat asam lambung naik dari bahan-bahan alami, ada pula kebiasaan yang perlu Anda lakukan. Misalnya, tidak langsung berbaring setelah makan karena isi perut akan mudah kembali naik.

Menurut Fisher Titus, Anda bisa berbaring setelah 3-4 jam mengonsumsi makanan.

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru