kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ramuan Herbal Untuk Asam Lambung & Cara Menghilangkan Rasa Mual Karena Asam Lambung


Jumat, 26 Mei 2023 / 04:55 WIB
Ramuan Herbal Untuk Asam Lambung & Cara Menghilangkan Rasa Mual Karena Asam Lambung


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Inilah ramuan herbal untuk asam lambung. Catat juga cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung.

Ada banyak obat asam lambung di apotek. Namun, jika dalam kondisi darurat atau tidak tersedia obat, sejumlah ramuan herbal untuk asam lambung bisa menjadi obat alternatif.

Asam lambung adalah zat di dalam sistem pencernaan yang membantu untuk mencerna makanan. Namun jika jumlah asam lambung berlebih menimbulkan rasa tidak nyaman hingga sakit tak tertahankan.

Salah satu faktor penyebab asam lambung naik adalah makanan. Makanan berminyak, tinggi kolesterol, dan beberapa jenis makanan lain bisa menyebabkan asam lambung naik. 

Jika asam lambung naik, obat di apotek bisa menjadi solusi. Namun jika tidak suka minum obat, sejumlah ramuan herbal untuk asam lambung bisa menjadi solusi alternatif.

Baca Juga: Cara Mengobati Asam Lambung dengan Kunyit, Cek Juga Dosis yang Disarankan

Berikut ramuan herbal untuk asam lambung yang bisa jadi obat alternatif dilansir dari berbagai sumber:

1. Teh herbal 

Ramuan herbal untuk asam lambung yang pertama adalah teh. Minum secangkir teh herbal bisa mengatasi asam lambung. Asal tahu saja, teh herbal bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual. 

Mengutip Kompas.com, tidak semua teh herbal boleh dikonsumsi untuk asam lambung. Pilih teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice. 

Teh licorice alias akar manis bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga terlindungi dari iritasi akibat asam lambung.

Cara penyajiannya cukup mudah. Anda seduh satu sendok teh herbal ke dalam satu cangkir air panas, lalu diamkan selama lima menit sampai 10 menit.  Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda minum dua sampai empat cangkir teh herbal sambil beristirahat. 

Jenis teh herbal yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah teh dari daun peppermint. Sebab, peppermint memicu refluks asam lambung bagi beberapa orang yang sistem pencernaannya cenderung sensitif. 

Meski demikian, tetap konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk minum teh herbal. 

2. Jahe

Ramuan herbal untuk asam lambung yang kedua adalah minuman jahe. Melansir laman Seniority, jahe bisa untuk menurunkan asam lambung tinggi.

Cobalah untuk minum air rebusan jahe atau mencampurnya dalam hidangan lain. Antiinflamasi yang terkandung dalam jahe efektif mengatasi berbagai macam gejala asam lambung yang terlalu tinggi.

Baca Juga: Salak untuk Asam Lambung, Benarkah? Cek Buah yang Tepat Untuk Asam Lambung

3. Pisang

Ramuan herbal untuk asam lambung yang ketiga adalah pisang. Pisang memiliki banyak kalium dan serat sehingga cocok jadi obat herbal asam lambung. Selain itu, pisang juga efektif menjaga sistem pencernaan Anda. Cobalah untuk mengonsumsi jenis buah tersebut secara rutin untuk mendapat berbagai macam manfaatnya.

4.Semangka

Ramuan herbal untuk asam lambung yang keempat adalah semangka. Semangka bisa menjadi obat asam lambung dengan cara dibuat jus tanpa gula.

Cobalah untuk minum satu gelas jus semangka di pagi hari. Dengan begitu, jumlah asam lambung akan berkurang sehingga heartburn tak lagi Anda alami.

5. Susu dingin

Ramuan herbal untuk asam lambung berikutnya yang bisa Anda coba adalah susu dingin. Kalsium yang terkandung dalam susu mampu menurunkan jumlah asam lambung. Tak hanya itu, susu juga mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh sehingga lebih baik dikonsumsi secara rutin.

6. Air kelapa

Ramuan herbal untuk asam lambung keenam adalah air kelapa. Supaya jumlah asam lambung tak terlalu tinggi, cobalah untuk minum air kelapa.

Selain itu, ada banyak manfaat air kelapa lain yang bisa Anda dapat. Misalnya, menjaga sistem pencernaan dan menghindarkan tubuh Anda dari dehidrasi.

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung

Asam lambung biasanya menimbulkan rasa mual. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung?

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, berikut beberapa cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung:

1. Minum air putih yang cukup

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang pertama adalah minum air putih secukupnya. Hal ini dikarenakan dehidrasi atau kekurangan cairan bisa memperburuk kondisi seseorang yang sedang mengalami mual akibat asam lambung naik. Selain itu, minum air putih yang cukup juga mampu menetralkan kadar asam dalam lambung sehingga mampu meredakan gejala maag.

 2. Jangan berbaring setelah makan

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang kedua adalah jangan berbaring setelah makan. Berbaring setelah makan diketahui dapat memperburuk rasa mual karena menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan. Karena itu, setelah makan, ada baiknya Anda memberi jeda waktu selama 2–3 jam jika ingin berbaring atau tidur.

 3. Membatasi minum susu

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang ketiga adalah kurangi minum susu. Susu memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kadar asam lambung sehingga turut memperburuk gejala maag, seperti mual, nyeri pada ulu hati, hingga heartburn.

 4. Jangan minum minuman beralkohol dan berkafein

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang keempat adalah tidak minum minuman beralkohol dan berkafein. Minum minuman beralkohol dapat merangsang asam lambung naik sehingga turut memperparah rasa mual.

Selain minuman beralkohol, konsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan juga dapat mengiritasi lapisan dinding lambung. Karena itu, penting pula untuk membatasi konsumsi minuman berkafein sebagai cara menghilangkan mual saat asam lambung naik.

5. Makan secara perlahan

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang kelima adalah makan secara perlahan. Hal ini diketahui dapat mencegah produksi gas berlebih di dalam saluran pencernaan yang dapat memperparah gejala maag. Selain itu, mengunyah makanan secara perlahan juga turut mempermudah sistem pencernaan dalam mengolah dan mencerna makanan.

 6. Makan dengan porsi sedikit namun sering

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang keenam adalah makan dengan porsi sedikit namun sering. Salah satu pemicu asam lambung naik yang jarang disadari adalah mengonsumsi makanan dengan porsi berlebihan. Oleh karenanya, jika maag sedang kambuh, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun sering.

Selain memperhatikan porsinya, penderita GERD juga perlu membatasi jenis makanan tertentu untuk mencegah timbulnya gejala asam lambung naik, seperti makanan asam, bawang-bawangan, cokelat, dan sayuran sulit cerna seperti kubis.

7. Mengonsumsi jahe

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang ketujuh adalah minum sari jahe. Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang diketahui memiliki efek antiemetik sehingga dapat meredakan rasa mual secara alami.

Untuk mengonsumsinya, rebuslah jahe pada air mendidih selama 5–8 menit. Agar terasa lebih segar, Anda juga dapat menambahkan perasan lemon ke dalam air rebusan jahe tersebut.

 8. Meninggikan posisi kepala saat tidur

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang kedelapan adalah meninggikan posisi kepala Anda saat sedang berbaring atau tidur. Posisi ini dapat membantu mencegah naiknya asam lambung menuju kerongkongan yang dapat memperburuk rasa mual.

9. Minum obat

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang kesembilan adalah minum obat. Anda dapat mengonsumsi obat antiemetik, seperti Bismuth subsalicylate. Obat ini akan bekerja dengan melindungi lapisan lambung sehingga mampu meredakan mual saat asam lambung naik.

Itulah daftar ramuan herbal untuk asam lambung dan cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×