kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Salak untuk Asam Lambung, Benarkah? Cek Buah yang Tepat Untuk Asam Lambung


Sabtu, 31 Desember 2022 / 04:30 WIB
Salak untuk Asam Lambung, Benarkah? Cek Buah yang Tepat Untuk Asam Lambung


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Benarkah konsumsi buah salak mampu untuk mengobati asam lambung? Simak daftar buah-buahan bagus bagus dikonsumsi untuk membantu mengobati asam lambung yang kumat.

Banyak orang yang menganggap, buah salak bisa untuk menyembuhkan asam lambung yang kambuh. Hal ini karena buah salak memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan.

Namun, apakah buah salah benar-benar terbukti bagus untuk asam lambung?

Buah salak adalah salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Rasanya yang khas dan kulit luarnya yang unik membuat buah salak cukup banyak digemari. 

Dilansir dari Kompas.com, salak mengandung segudang nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti protein, zat besi, kalium, kalsium, beta karoten, karbohidrat, fosfor, vitamin A, vitamin C, dan berbagai antioksidan.

Buah salak juga dianggap mengandung unsur-unsur penting, seperti halnya senyawa fenolik dan serat makanan. Nutrisi tersebut menjadikan buah salak sehat dan bermanfaat. Dalam 100 gram buah salak, terkandung 82 kalori, 4 persen lemak, dan 1 persen protein. 

Baca Juga: 6 Aktivitas yang Bisa Mencegah Asam Lambung Naik, Penasaran Apa Saja?

 

Dengan kandungan itu, salah satu manfaat buah salak adalah bagus untuk pencernaan di perut. Vitamin yang terkandung di dalam buah salak membantu meredakan sakit perut, buang air besar tidak teratur, perut kembung, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, kulit salak mengandung senyawa yang bisa mengobati diare. 

Sedangkan manfaat buah salak untuk asam lambung, sejauh ini belum ada kajian yang menjelaskan.

Meski demikian, sejumlah buah-buahan lain bagus untuk asam lambung. Berikut daftar buah-buahan yang bagus untuk asam lambung, dilansir dari website resmi RS Hermina:

1. Pisang

pisang adalah salah satu buah untuk asam lambung yang lezat. Pisang, buah berwarna kuning yang rasanya lezat.

Buah pisang untuk asam lambung dianggap aman karena memiliki sifat alkalin (basa). Selain itu, buah ini juga dinilai membantu menyeimbangkan asam di lambung sehingga gejala asam lambung naik atau GERD dapat dicegah.

2. Melon

Sama seperti pisang, manfaat buah melon untuk asam lambung berasal dari sifat alkalin-nya. Johns Hopkins Medicine menyatakan buah yang rasanya manis ini dipercaya dapat meredakan asam lambung dan mencegah iritasi akibat refluks asam lambung.

Ada beragam jenis melon yang aman untuk dikonsumsi penderita refluks asam lambung, di antaranya melon honeydew, cantaloupe (blewah), sampai watermelon (semangka).

3. Apel

Buah apel untuk asam lambung dipercaya aman karena mengandung mineral bersifat alkalin, seperti kalsium, magnesium, dan kalium, yang diklaim dapat meringankan gejala refluks asam lambung.

4. Pir

Karena tidak mengandung asam setinggi buah-buahan sitrus dan tomat, konsumsi buah pir juga bagus untuk asam lambung. Berkat kandungan asam yang rendah ini, buah pir dinilai tidak akan memicu kambuhnya gejala refluks asam lambung.

5. Kelapa

Kelapa dapat menjadi pilihan yang aman bagi penderita asam lambung karena dianggap sebagai salah satu buah dengan kandungan asam terendah. Terlebih lagi, buah yang mengandung banyak air ini diyakini dapat meningkatkan fungsi otak, berpotensi mencegah penyakit jantung, hingga menurunkan risiko stroke.

Buah dilarang untuk asam lambung

Berikut adalah sejumlah buah-buahan yang dilarang untuk penderita asam lambung:

  • Jeruk
  • Jeruk nipis
  • Grapefruit
  • Lemon
  • Nanas
  • Tomat.

Lebih jauh lagi, terdapat sejumlah jus buah untuk penderita asam lambung yang sebaiknya jangan dikonsumsi dulu, seperti jus tomat dan jus jeruk, karena dianggap bisa menyebabkan asam lambung naik.

Olahan tomat dalam bentuk saus atau makanan dengan saus tomat, seperti pizza dan lasagna, juga sebaiknya dihindari karena berpotensi menyebabkan asam lambung naik. Beberapa penderita GERD juga sulit menoleransi bawang putih dan bawang merah, serta makanan yang diolah dengan bahan tersebut.

Itulah manfaat buah salak untuk kesehatan. Jadi, salak kurang bagus untuk asam lambung. Sedangkan buah yang tepat untuk asam lambung antara lain pisang, melon, apel, pir dan buah kelapa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×