kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ramuan Herbal Untuk Asam Lambung & Cara Lain Mengatasi Asam Lambung


Senin, 02 Januari 2023 / 10:31 WIB
Ramuan Herbal Untuk Asam Lambung & Cara Lain Mengatasi Asam Lambung
ILUSTRASI. Cara mengatasi asam lambung yang pertama adalah


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak ramuan herbal untuk asam lambung. Selain dengan ramuan herbal, ada juga cara lain mengatasi asam lambung secara alami.

Asam lambung adalah zat di dalam sistem pencernaan yang membantu untuk mencerna makanan. Namun jika jumlah asam lambung berlebih menimbulkan rasa tidak nyaman hingga sakit tak tertahankan.

Salah satu faktor penyebab asam lambung naik adalah makanan. Makanan berminyak, tinggi kolesterol, dan beberapa jenis makanan lain bisa menyebabkan asam lambung naik. 

Jika asam lambung naik, obat di apotek bisa menjadi solusi. Namun jika tidak suka minum obat, sejumlah ramuan herbal untuk asam lambung bisa menjadi solusi alternatif.

Baca Juga: Salak untuk Asam Lambung, Benarkah? Cek Buah yang Tepat Untuk Asam Lambung

Berikut ramuan herbal untuk asam lambung yang bisa jadi obat alternatif dilansir dari berbagai sumber:

1. Teh herbal 

Ramuan herbal untuk asam lambung yang pertama adalah teh. Minum secangkir teh herbal bisa mengatasi asam lambung. Asal tahu saja, teh herbal bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual. 

Mengutip Kompas.com, tidak semua teh herbal boleh dikonsumsi untuk asam lambung. Pilih teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice. 

Teh licorice alias akar manis bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga terlindungi dari iritasi akibat asam lambung.

Cara penyajiannya cukup mudah. Anda seduh satu sendok teh herbal ke dalam satu cangkir air panas, lalu diamkan selama lima menit sampai 10 menit.  Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda minum dua sampai empat cangkir teh herbal sambil beristirahat. 

Jenis teh herbal yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah teh dari daun peppermint. Sebab, peppermint memicu refluks asam lambung bagi beberapa orang yang sistem pencernaannya cenderung sensitif. 

Meski demikian, tetap konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk minum teh herbal. 

2. Jahe

Ramuan herbal untuk asam lambung yang kedua adalah minuman jahe. Melansir laman Seniority, jahe bisa untuk menurunkan asam lambung tinggi.

Cobalah untuk minum air rebusan jahe atau mencampurnya dalam hidangan lain. Antiinflamasi yang terkandung dalam jahe efektif mengatasi berbagai macam gejala asam lambung yang terlalu tinggi.

3. Pisang

Ramuan herbal untuk asam lambung yang ketiga adalah pisang. Pisang memiliki banyak kalium dan serat sehingga cocok jadi obat herbal asam lambung. Selain itu, pisang juga efektif menjaga sistem pencernaan Anda. Cobalah untuk mengonsumsi jenis buah tersebut secara rutin untuk mendapat berbagai macam manfaatnya.

4.Semangka

Ramuan herbal untuk asam lambung yang keempat adalah semangka. Semangka bisa menjadi obat asam lambung dengan cara dibuat jus tanpa gula.

Cobalah untuk minum satu gelas jus semangka di pagi hari. Dengan begitu, jumlah asam lambung akan berkurang sehingga heartburn tak lagi Anda alami.

5. Susu dingin

Ramuan herbal untuk asam lambung berikutnya yang bisa Anda coba adalah susu dingin. Kalsium yang terkandung dalam susu mampu menurunkan jumlah asam lambung. Tak hanya itu, susu juga mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh sehingga lebih baik dikonsumsi secara rutin.

6. Air kelapa

Ramuan herbal untuk asam lambung keenam adalah air kelapa. Supaya jumlah asam lambung tak terlalu tinggi, cobalah untuk minum air kelapa.

Selain itu, ada banyak manfaat air kelapa lain yang bisa Anda dapat. Misalnya, menjaga sistem pencernaan dan menghindarkan tubuh Anda dari dehidrasi.

Cara lain mengatasi asam lambung

Dilansir dari Kompas.com, selain dengan ramuan herbal untuk asam lambung, berikut cara lain mengatasi asam lambung:

1. Makan sedikit dan perlahan

Cara mengatasi asam lambung yang pertama adalah makan sedikit dan perlahan. Ketika perut terasa penuh, hal itu bisa menandakan bahwa cairan asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini bisa Anda redakan dengan makan teoat waktu. Namun, makanlah dalam porsi kecil dan kunyah secara perlahan.

2. Hindari makanan tertentu

Cara mengatasi asam lambung yang kedua adalah menghindari makanan tertentu, Ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung, di antaranya kopi, teh, coklat, makanan pedas, dan alkohol.

Terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut akan membuat asam lambung naik. Ada baiknya Anda menghindari makanan tersebut untuk mengontrol asam lambung.

3. Hindari minuman bersoda

Cara mengatasi asam lambung yang ketiga adalah menghindari minuman bersoda. Minuman bersoda bisa membuat Anda bersendawa. Hal ini bisa membuat asam lambung naik. Daripada konsumsi minuman bersoda, sebaiknya Anda memilih air putih yang lebih menyehatkan.

4. Hindari tidur setelah makan

Cara mengatasi asam lambung yang keempat adalah tidak tidur setelah makan. Saat Anda berdiri, atau bahkan duduk, gravitasi bumi akan membantu menjaga asam tetap berada di perut.

Oleh karena itu, Anda tidak disarankan tidur atau berbaring usai makan. Jika ingin tidur, sebaiknya Anda selesaikan makan tiga jam sebelumnya.

5. Jangan bergerak terlalu cepat

Cara mengatasi asam lambung yang kelima adalah tidak bergerak terlalu cepat. Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan.

Jalan-jalan setelah makan malam tidak akan membuat asam lambung naik. Tetapi olahraga yang lebih berat, terutama jika melibatkan gerakan membungkuk, dapat membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

Itulah daftar ramuan herbal untuk asam lambung dan cara lain mengatasi asam lambung. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×