Tips Sehat

Radang tenggorokan mengganggu, ini ciri-ciri dan cara mencegahnya

Rabu, 05 Agustus 2020 | 12:18 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Radang tenggorokan mengganggu, ini ciri-ciri dan cara mencegahnya

ILUSTRASI. Ciri-ciri radang tenggorokan manusia harus dihindari agar tidak menjadi parah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ciri-ciri radang tenggorokan yang dialami seseorang biasanya ditandai dengan rasa sakit dan gatal di bagian tenggorokan. Iritasi menjadi lebih parah saat Anda menggunakan tenggorokan untuk menelan. Biasanya, ciri-ciri radang tenggorokan disebabkan karena infeksi virus, seperti flu, Covid-19, dan lain-lain.

Ciri-ciri radang tenggorokan manusia beraneka ragam, tergantung dari penyebabnya. Melansir dari Mayo Clinic (mayoclinic.org), ciri-ciri radang tenggorokan manusia bisa berupa rasa sakit dan gatal, kesulitan menelan, rasa sakit di sekitar dagu dan leher, amandel bengkak, dan suara menjadi serak.

Baca Juga: 4 alasan kenapa iritasi pada selangkangan bisa terjadi

Selain itu, ciri-ciri radang tenggorokan manusia juga bisa muncul dalam bentuk lain. Seperti demam, batuk, hidung berair, bersin, pusing, mual, dan muntah. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika ciri-ciri radang tenggorokan manusia yang muncul berupa kesulitan bernapas dan sulit menelan.

Seperti yang sudah dikatakan, ciri-ciri radang tenggorokan manusia biasanya timbul akibat infeksi virus. Namun, Mayo Clinic menyebutkan bahwa bakteri dan faktor lain juga bisa menyebabkan timbulnya ciri-ciri radang tenggorokan manusia.

Ada banyak faktor lain yang menyebabkan ciri-ciri radang tenggorokan manusia timbul. Mulai dari alergi, iritasi, kondisi udara yang kering, otot tegang karena berteriak, dan penyakit sistem pencernaan seperti GERD atau GastroesophagealReflux Disease.

Infeksi HIV juga bisa menjadi penyebab ciri-ciri radang tenggorokan manusia muncul. Mayo Clinic menyebutkan bahwa pasien positif HIV mengalami sakit tenggorokan yang lebih parah karena adanya infeksi jamur atau infeksi virus.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, pakai bahan alami ini

Ciri-ciri radang tenggorokan manusia bisa dialami oleh siapa saja, tapi Mayo Clinic menyebutkan ada beberapa orang yang memiliki resiko tinggi terserang penyakit itu. Anak-anak dan remaja lebih sering terkena sakit tenggorokan.

Seseorang yang memiliki alergi atau perokok aktif dan perokok pasif juga lebih beresiko terkena sakit tenggorokan. Sistem imun tubuh Anda juga harus terjaga agar terhindar dari penyakit tenggorokan.

Tak hanya menjaga sistem imun tubuh agar tetap baik, Mayo Clinic juga menyebutkan cara lain untuk mencegah munculnya ciri-ciri radang tenggorokan manusia. Caranya adalah dengan rajin cuci tangan, hindari berbagi alat makan yang sama dengan orang lain, menutup mulut saat batuk atau bersin, dan hindari orang sakit.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru