Perut buncit bisa langsing kembali dengan pisang, bagaimana caranya?

Kamis, 25 November 2021 | 11:07 WIB Sumber: Kompas.com
Perut buncit bisa langsing kembali dengan pisang, bagaimana caranya?

ILUSTRASI. Perut buncit bisa diatasi dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan rajin mengonsumsi pisang.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perut buncit sangat mengganggu penampilan. Tapi, jangan khawatir. Perut buncit bisa diatasi dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan rajin mengonsumsi pisang. 

Buah yang murah, mudah didapatkan di segala musim dan kaya akan potasium ini ternyata bisa bermanfaat meluruhkan lemak dan menurunkan berat badan. 

Mengutip dari Everyday Health, pisang adalah superfood yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi di dalam pisang bisa digunakan untuk memberi pasokan kalori pada tubuh sehingga Anda tak perlu mengonsumsi terlalu banyak makanan, menstabilkan glukosa dalam darah, juga menurunkan potensi stroke pada wanita. 

Selain itu, superfood ini juga efektif digunakan menurunkan berat badan dan meluruhkan lemak pada perut buncit Anda. 

Melangsingkan perut buncit dengan pisang 

Melansir dari Eatthis, berikut ini adalah cara pisang mereduksi lemak perut buncit menurut para ahli gizi dan pakar diet. 

Baca Juga: Efektif menurunkan berat badan, ini 6 manfaat jagung rebus untuk kesehatan

1. Pisang meningkatkan flora usus kita 

Flora usus atau mikrobiota usus adalah mikroorganisme termasuk bakteri yang hidup di saluran cerna kita yang bisa melancarkan proses pencernaan. 

Ketika Anda ingin menjalankan program diet dan mereduksi lemak perut buncit, yang harus Anda perhatikan adalah keseimbangan flora usus ini. Dan pisang, adalah buah yang bisa digunakan meningkatkan bakteri baik pada usus dan menyiapkan tubuh untuk kehilangan beberapa kilogram berat badan.  

Menurut Kate Netz, RDN, LD, pisang kaya akan serat probiotik yang bisa menambah jumlah bifidobacteria, bakteri baik yang bisa membantu meluruhkan lemak perut. 

Baca Juga: Waspadai terserang 5 penyakit Ini jika Anda malas bergerak

2. Mencegah keinginan makan karena stres

Ketika kita stres karena bekerja terlalu berat atau memikirkan banyak masalah, maka hormon kortisol akan keluar. Ketika hormon ini keluar, tubuh akan cenderung menuntut makanan dengan kadar gula tinggi. 

Inilah sebabnya, jika stres, tubuh justru akan semakin bertambah gendut karena kita akan selalu berburu kudapan manis yang kaya glukosa. Nah dengan mengonsumsi pisang, hal ini bisa diatasi. 

Magnesium dalam pisang bisa mengontrol hormon stres yang keluar sekaligus membuat perut kenyang lebih lama. Imbasnya, tubuh tak akan terlalu banyak berburu sajian manis.  

Baca Juga: Untuk kaum mager, cara ini bisa membantu menurunkan berat badan tanpa olahraga

3. Pemasok serat terbaik 

Serat adalah properti penting dalam usaha menurunkan berat badan. Dan pisang adalah buah yang tinggi serat yang bisa mendukung program diet Anda. 

Dengan mengonsumsi pisang rutin setiap hari, perut akan terisi serat yang cukup sehingga Anda tak mudah merasa lapar. Di dalam perut, serat adalah komposisi makanan yang paling lama dicerna oleh usus. 

Sehingga ketika perut terisi pisang, Anda akan merasa kenyang lebih lama. 

4. Meningkatkan kepekaan insulin 

Meski pisang mengandung glukosa, namun buah ini justru bisa meningkatkan kepekaan insulin pada orang-orang yang tidak mengidap diebetes.  

Ketika kepekaan insulin meningkat, maka tubuh akan merombak glukosa secara lebih maksimal sehingga tak akan ada lagi penumpukan kalori berlebihan yang bisa menambah keparahan perut buncit. 

5. Penyuplai potasium yang bisa melancarkan olahraga

Untuk mereduksi perut buncit Anda membutuhkan olahraga rutin. Namun sayang, kebanyakan orang tak maksimal dalam berolahraga karena gangguan kram otot. Kram otot sendiri terjadi karena elektrolit di dalam tubuh tak seimbang. 

Nah pisang, bisa digunakan mengatasi hal ini. Properti potasium tinggi dalam pisang bisa menyeimbangkan elektrolit tubuh sehingga kram otot tak akan terjadi selama kita berolahraga. 

Untuk digunakan mereduksi lemak perut dan menurunkan berat badan, konsumsilah pisang secara rutin setiap hari, terutama ketika Anda akan berolahraga. Untuk lebih maksimal melangsikan lemak perut buncit, konsumsilah pisang yang belum begitu matang. 

Pisang yang belum begitu matang mengandung amilum lebih banyak dan glukosa lebih sedikit dibanding pisang yang sudah matang sempurna. Selain meminimalkan penyerapan gula, amilum dalam pisang yang belum matang benar ini akan bekerja seperti serat. 

Membuat perut kenyang lebih lama sehingga bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Melangsingkan Perut Buncit dengan Pisang, Begini Caranya"
Penulis : Inten Esti Pratiwi
Editor : Inten Esti Pratiwi

Selanjutnya: Sumber Energi Andalan (ITMA) Mengintip Peluang Bisnis di Sektor Kelistrikan

Halaman   1 2 3 Tampilkan Semua
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru